10 Amalan Ringan Pembuka Jalan Menuju Surga

May122012


Jalan menuju surga memang dipenuhi onak dan duri. Akan tetapi sesungguhnya ada banyak amalan-amalan yang mudah dilakukan namun Allah membalasnya dengan ganjaran yang sangat besar. Berikut ini disajikan beberapa amalan yang insya Allah ringan diamalkan namun bisa membawa pelakunya ke surga.

1. Berdzikir Kepada Allah.

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam bersabda, "Ada dua kalimat yang ringan bagi lisan, berat dalam mizan (timbangan amal) dan dicintai ar-Rahmaan : ‘Subhanallahu wa bihamdih’ (Maha Suci Allah dan dengan pujian-Nya kami memuji) ‘Subhanallah al-Azhiim’ (Maha Suci Allah Dzat Yang Maha Agung).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam bersabda, "Saya membaca : ‘Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaaha illallah wallahu akbar’, sungguh aku lebih cintai daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim No. 2695 dan Tirmidzi).

Dalam hadits lain Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam bersabda, “Tidaklah seorang manusia mengamalkan satu amalan yang dapat menyelamatkannya dari adzab Allah melainkan dzikir kepada Alla.” (HR ath-Thabrani dengan sanad yang hasan dan al-Allamah Ibnu Baz menjadikannya hujjah dalam kitab Tuhfah al-Akhyaar).

2. Meridhai Allah dan Islam.

Rasulullah bersabda : "Tidaklah seorang hamba muslim mengucapkan pada saat dia memasuki waktu pagi dan memasuki waktu petang : ‘radhiitu billahi rabba, wa bil islaami diina wa bi muhammad Shalallahu 'Alaihi Wa Salam nabiya" (aku ridha Allah sebagai Rabb-ku, Islam sebagai agamaku, dan Muhammad sebagai Nabi-ku)’ sebanyak tiga kali, melainkan merupakan hak bagi Allah untuk meridhainya pada hari kiamat kelak.” (HR. Ahmad dan dihasankan oleh Al-Allamah Ibnu Baz dalam kitab Tuhfah al-Akhyaar).

3. Menuntut Ilmu Syar’i.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, "Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim No. 2699).

4. Menahan Marah.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, "Barangsiapa yang menahan amarahnya padahal dia mampu untuk melampiaskannya, niscaya Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di hadapan para makhluk sampai Allah memilihkan untuknya bidadari-bidadari yang dia suka.” (Dihasankan oleh Imam At-Tirmidzi dan disepakati oleh Syaikh al-Albani).

5. Membaca Ayat Kursi.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali jika dia mati.” (HR an-Nasaa’i dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani) Maksudnya adalah jika dia mati, dia akan masuk surga dengan rahmat dan karunia Allah ‘Azza wa Jalla.

6. Menyingkirkan Gangguan di Jalan.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Sungguh aku telah melihat seorang lelaki mondar-mandir di dalam surga dikarenakan sebuah pohon yang dia tebang dari tengah jalan yang selalu mengganggu manusia” (HR. Muslim).

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Ada seorang lelaki berjalan melewati ranting pohon yang ada di tengah jalan, lalu dia berkata, ‘Demi Allah, sungguh aku akan singkirkan ranting ini dari kaum muslimin agar tidak menganggu mereka.’ Maka dia pun dimasukkan ke dalam surga.” (HR Muslim).

7. Membela Kehormatan Saudaranya di Saat Ketidakhadirannya.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa membela harga diri saudaranya, niscaya pada hari kiamat Allah akan memalingkan wajahnya dari api neraka.” (Dihasankan oleh Imam At-Tirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani).

Dalam hadits lain Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, "Barangsiapa yang Allah lindungi dari keburukan apa yang ada di antara kedua rahangnya (yaitu mulut) dan keburukan yang ada di antara dua pahanya (yaitu kemaluannya), niscaya dia akan masuk surga.” (Dihasankan oleh Imam at-Tirmidzi dan disepakati oleh Syaikh al-Albani).

8. Menjauhi Debat Kusir Walaupun Benar.

Sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam, “Aku akan menjamin sebuah rumah di dasar surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun dia berada dalam pihak yang benar. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang membaguskan akhlaknya.” (HR Abu Dawud dan dihasankan oleh Syaikh al-Albani).

9. Berwudhu’ Lalu Shalat Dua Raka’at.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, ”Tidaklah seorang muslim berwudhu’ lalu dia baguskan wudhu’nya, kemudian dia berdiri shalat dua raka’at dengan menghadapkan hatinya dan wajahnya pada kedua raka’at itu, melainkan surga wajib baginya.” (HR. Muslim).

10. Pergi Shalat ke Masjid.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Berikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan di dalam kegelapan untuk menuju masjid, mereka akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani).

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam juga bersabda, “Barangsiapa yang pergi ke masjid atau pulang dari masjid, niscaya Allah akan persiapkan baginya nuzul di dalam surga setiap kali dia pergi dan pulang.” (HR. Bukhari dan Muslim). Imam an-Nawawi berkata, “Nuzul adalah makanan pokok, rizki dan makanan yang dipersiapkan untuk tamu.”


Langsung Menuju Kotak Komentar
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

93 responses to "10 Amalan Ringan Pembuka Jalan Menuju Surga"

Anyoel KotoKers™ on 11:36 PM, 12-May-12

Alhamdulillah.. Post meluncur sukses tanpa kendala.. Moga bermanfaat dan bisa kita amalkan.. Aamiin

★Riyan TwiBoys™★ on 11:36 PM, 12-May-12

mantap gan , thanks infonya

Sarilah ™ ® © on 11:37 PM, 12-May-12

Kirain pertama mas.sad
trims atas artikel amalan ringan menuju surga.

Anyoel KotoKers™ on 11:37 PM, 12-May-12

@★Riyan TwiBoys™★, alhamdulillah.. Syukron.. smile

Sarilah ™ ® © on 11:41 PM, 12-May-12

Kirain pertama mas.sad
trims atas artikel amalan ringan menuju surga.

Anyoel KotoKers™ on 11:42 PM, 12-May-12

@Sarilah ™ ® ©, hehehe.. Admin ambil pertama.. biggrin.. Moga bermanfaat dan bisa diamalkan ya mbak smile

ArbesDj on 11:42 PM, 12-May-12

assalamualaikum Kang...mampir nih..mau ikut pencerahan malam ini...postingan yang bagus,buat nambah wawasan saya..salam ukhuwah...o..iya kang..blognya sudah saya follow...smile

Allabouts60v5 on 11:47 PM, 12-May-12

kunjungan malm mas, smga bsa amalin smuanya.hehe biggrin

Zakin on 11:51 PM, 12-May-12

kunjungan malam Sahabat..
Nice info..mg bermanfaat

Anyoel KotoKers™ on 12:05 AM, 13-May-12

@ArbesDj, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Moga bermanfaat ya kang.. Salam ukhuwah.. smile

Anyoel KotoKers™ on 12:12 AM, 13-May-12

@Allabouts60v5, aamiin Ya Rabbal Alamin.. Syukron..

Ryderfanz on 12:26 AM, 13-May-12

Subhanallah sangat bermanfaat sob artikel'a.. Thnx sob..

Yoga Kelana on 12:46 AM, 13-May-12

Alhamdulillah semoga kita dimudahkan untuk selali beramal baik smile

Ahmad Zurtaqi on 12:47 AM, 13-May-12

nyimak sob..
thx tas postnya yg bermanfaat wat anesmile

s60 & Java Blog on 12:53 AM, 13-May-12

hebat ya ayat kursi

ACHENES on 01:02 AM, 13-May-12

mantap bos infonya

GALILEO™ on 01:39 AM, 13-May-12

sebenarnya jalan ke surga itu murah, tetapi kadang rasa malas dan apalagi rayuan syetan adalah penghambat kita dalam mencari amalan

GALILEO™ on 01:42 AM, 13-May-12

sebenarnya jalan ke surga itu murah, tetapi kadang rasa malas dan apalagi rayuan syetan adalah penghambat kita dalam mencari amalan

KamaL on 02:49 AM, 13-May-12

Aduh sob sob,,alhamdulilah y sob,dngn adany blog sobat,,para mwbrs bisa inget m yg d atas..d tnggu kunbalny

Blogmwb on 02:52 AM, 13-May-12

Kunjungan tengah malam gan!
http://blogmwb.pun.bz

http://blogmwb.pun.bz/trik-cara-mengganti-tulisan-home-about-n.xhtml

bypendy on 03:10 AM, 13-May-12

Klo di pikir emang kadang kitanya saja yg suka malez melakukan kebaikan,pdhal Allah slalu memberi jlan kemudahan untuk brbuat baik

Zen's on 03:41 AM, 13-May-12

ringan tapi terasa berat...

Budak Darawati on 05:30 AM, 13-May-12

Asslammualaykum,pg gan,nice gan

Kelik Ajja | The Man Of MWB on 06:02 AM, 13-May-12

Silaturahmi pagi kang,
msih ngntuk nie,
Mksih bnyk ats curhn ilmu.y kang,
sadneutralsmilebiggrinmrgreen

INGAT!!! VISITOR BUKAN PILIHAN, NAMUN KEINGINAN.

Da yg bru lho diblog klik????
mhon knjungan n koment.x,
mari saling brtukr link n follow folback.
http://kelik_ajza.heck.in

TUTORIAL MYWAPBLOG.COM, SEO, HTML, WIDGET, CSS, TIPS TRICK, BBCODE, SCRIPT, XTGEM, WEN.RU, INTERNET, SEARCH ENGINE, SMARTPHONE, INFORMATION, LIFESTYLE, HEALTLY, BEAUTY, SHARING, DOWNLOAD, CONSOLATION, UNIMPEDED

ijin ntip yamrgreen

http://kelik_ajza.heck.in/tutorial-cara-mengganti-dan-menambah-kon.xhtml

http://kelik_ajza.heck.in/how-mywapblog-are-you.xhtml

Noffa Az™ on 06:19 AM, 13-May-12

Ijin baca" gan, di tnggu kunbalnya

Andri Cieunteung | BOLA stats on 06:44 AM, 13-May-12

Yg berat memulainya

Eddy Mahendra on 07:09 AM, 13-May-12

Hadir disini untuk menyapa sobat..
Met pagi sobt..
================
Nitip Link
Kumpulan sms cinta, status bijak, sms bijak silakan kunjungi http://photoshoptuts.heck.in
================

Sarilah ™ ® © on 07:25 AM, 13-May-12

Proxy ekor 241 juga bisa buat opmin ori kok.tapi pakai opmin 4.2 saja ya.

Anyoel KotoKers™ on 07:34 AM, 13-May-12

@Ryderfanz, alhamdulillah.. Syukron..

@Yoga Kelana, alhamdulillah.. Aamiin.. Semoga kita tetap istiqomah.. smile

@Ahmad Zurtaqi, tafadhol.. Moga bermanfaat Syukron..

Anyoel KotoKers™ on 07:35 AM, 13-May-12

@s60 & Java Blog, dan masih banyak lagi kelebihan dari ayat kursi smile

@ACHENES, alhamdulillah.. syukron..

@GALILEO ™, itu permasalahannya.. Itulah peran syaitan yang harus dilawan.. smile

Anyoel KotoKers™ on 07:36 AM, 13-May-12

@KamaL, alhamdulillah.. Iya sama2 sobat.. Syukron..

@Blogmwb, syukron ya..

@bypendy, hehehe.. Itulah godaan syaitan sobat.. Semoga kita tetap istiqomah.. wink

Anyoel KotoKers™ on 07:37 AM, 13-May-12

@Zen's, ya.. Mari kita berlindung dari godaan syaitan yang terkutuk.. Syukron akhi smile

@Budak Darawati, wa'alaikumsalam.. Syukron smile

@Kelik Ajja | The Man Of MWB, syukron ya.. Moga bermanfaat..

Anyoel KotoKers™ on 07:38 AM, 13-May-12

@Noffa Az™, tafadhol.. Ditunggu update terbarunya ya..

@Andri Cieunteung | BOLA stats, berarti masih lemahnya iman.. Jika kita slalu dekat dgn Allah.. Semua itu mudah kita lalui.. Syukron maz smile

@Eddy Mahendra, syukron ya.. smile

@Sarilah ™ ® ©, pake opera next mbak.. Tapi udah dapat nich.. Di blognya maz andrianto.. 6.5 tapi gag bisa download.. Lumayan lah.. Hehehe..

ArifSunda™ on 08:09 AM, 13-May-12

Asalamualaikum, pagi sob, alhamdulillah ane sering baca yg no 1 bagian 2, semoga di terima amin, thank pencerahanya sobsmile

tio619 on 08:24 AM, 13-May-12

Insya allah di coba sob

Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com on 08:48 AM, 13-May-12

assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu..
Met Pagi..

''Yang Kita Harapkan adalah RAHMAT ALLAH DAN KERIDHAAN ALLAH''
TETAP SEMANGAT..

Mari membuat blog Islam untuk Kebangkitan Islam, dan Insya ALLAH menjadikan Amal Jariah untuk diri sendiri.
http://SeJutaBlogIslam.mywapblog.com

Wayan-Usada™ on 09:04 AM, 13-May-12

Nyimak sobat..
Met Hari munggu ea sobatku..
di tunggu kunbalnya...
http://usada.mywapblog.com/

RECKO on 09:21 AM, 13-May-12

Kunjungan perdana sob..
Btw postx bermanfaat sekali..
Tapi jangan lupa maen ketempat ane ya..
↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓
http://recko.heck.in/mengenali-tanda-tanda-kematian.xhtml

Taufiq Rochmat on 09:23 AM, 13-May-12

alhamdulillah. N0mor 4 termasuk faforit q

Anas Syahusein on 09:49 AM, 13-May-12

asalamualaikum,sayang ane kurang no.4 nd 7 sad thx sob infox

Anyoel KotoKers™ on 10:32 AM, 13-May-12

@ArifSunda™, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Aamiin Allahumma Aamiin

Anyoel KotoKers™ on 10:33 AM, 13-May-12

@tio619, semoga bisa ya.. smile

Anyoel KotoKers™ on 10:36 AM, 13-May-12

@Iman Hijrah Dan Jihad MyWapBlog.com, wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.. Syukron akhi atas silaturahimnya.. Semangat terus smile

iPaN-Noor on 10:36 AM, 13-May-12

Assalamu'alaikum, mantap mas, smg kt slalu dibri hidyah utk braml mnju surga, amiin!

Anyoel KotoKers™ on 10:37 AM, 13-May-12

@Wayan-Usada™, thanks ya.. Segera meluncur smile

Anyoel KotoKers™ on 10:40 AM, 13-May-12

@RECKO, alhamdulillah.. Syukron ya.. Oke segera meluncur smile

Anyoel KotoKers™ on 10:41 AM, 13-May-12

@Anas Syahusein, wa'alaikumsalam.. Semoga bisa ya maz.. Yuk semangat.. smile

Anyoel KotoKers™ on 10:41 AM, 13-May-12

@Taufiq Rochmat, alhamdulillah.. Semoga tetap istiqomah.. smile

Anyoel KotoKers™ on 10:41 AM, 13-May-12

@iPaN-Noor, wa'alaikumsalam.. aamiin Allahumma aamiin.. Syukron smile

Prince Ianz on 10:57 AM, 13-May-12

Nice inpo om,sangat bermanfaat

Anyoel KotoKers™ on 11:07 AM, 13-May-12

@Prince Ianz, alhamdulillah.. Syukron ya.. smile

Ahmad Sidiq on 11:09 AM, 13-May-12

a-ssalaamu `alaykum Mas, mudah2an saya mampu mengamalkannya smile.

Pissat on 11:15 AM, 13-May-12

mantap sob postingan nya...

Anyoel KotoKers™ on 11:20 AM, 13-May-12

@Ahmad Sidiq, wa'alaikumsalam.. Aamiin.. Syukron ya maz smile

Anyoel KotoKers™ on 11:22 AM, 13-May-12

@Pissat, alhamdulillah.. Syukron sobat.. Moga bermanfaat.. smile

Bengong™ on 11:57 AM, 13-May-12

Assalamualaikum
met siang bro, thx udah berbagi postingan yg bermanfaat ini.. smile

Hendra Kurniawan on 11:59 AM, 13-May-12

Thks infonya sob, nice post

Ikhwan on 12:11 PM, 13-May-12

ad yg kurang gan+mohon dukungan untuk CSS UKRAINA di CSS LEAGUE

Suryadi on 12:16 PM, 13-May-12

Assalamualaikum sobsmile
amalan yg ringan akan tetapi kita terkadang lupa untuk melakukan nyasmile
sangat menarik sob & di tunggu next post nyawink

Andrianto on 12:55 PM, 13-May-12

Assallammuallaikum.. Mampir lagi kang.. Sory klu koment dulu baru baca.. Ngk pa2 ya.. Trimz

Anyoel KotoKers™ on 01:13 PM, 13-May-12

@Bengong™, wa'alaikumsalam.. Iya sama2 maz.. Moga bermanfaat smile

Anyoel KotoKers™ on 01:16 PM, 13-May-12

@Hendra Kurniawan, alhamdulillah.. iya sama2smile

Anyoel KotoKers™ on 01:17 PM, 13-May-12

@Ikhwan, hehehe.. Kasi alamat urlnya donk.. Biar enak kalo menuju ke tkp..

Anyoel KotoKers™ on 01:17 PM, 13-May-12

@Suryadi, alhamdulillah.. Semoga bisa melakukannya ya maz.. Oke ditunggu ya.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ on 01:19 PM, 13-May-12

@Andrianto, wa'alaikumsalam.. Iya gag papa.. Syukron kang.. Opera mininya ya.. smile

XTIARBUMI ™ on 02:01 PM, 13-May-12

ASSALAAMUALAIKU YA KANG ANYOEL, MAAF TELAT BGT NI ANE HADIR. TP TETEP MENYIMAK N SANGAT BERMANFAAT BG NI PENCERAHANYA. HATUR NUHUN

©ah gunem™ on 02:12 PM, 13-May-12

siang mas,mf gk bs lama2 mas cz mau uprek2 mbk tri lg ngambek

Yogi Wirawan on 04:24 PM, 13-May-12

amalan ringan dengan pahala berat ya mas biggrin

Arhan Saputra Gates | info tips trik on 04:44 PM, 13-May-12

ijin praktekkin,benar" dapat amal yg lebih dgn perbuatan ringan

Brangas on 08:22 PM, 13-May-12

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakhatuhu.....!!!!!
Subhanallah.......!!!

Sunan on 10:03 PM, 13-May-12

Dari 10 amalan tsb diatas tentu dgn syarat tdk pake embel2 ujub.

Rifqie on 10:30 PM, 13-May-12

assalamualaikum wr.wb
alhamdullilah bsa mampir sry telat sob

Slamet wahyudi on 10:50 PM, 13-May-12

Assalamualaikum. Sangat bermanfaat nih buat ane. Thx brada.

Anyoel KotoKers™ on 11:59 PM, 13-May-12

@XTIARBUMI ™, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah syukron yasmile

Anyoel KotoKers™ on 11:59 PM, 13-May-12

@©ah gunem™, oke lanjut.. Syukron ya smile

Anyoel KotoKers™ on 12:01 AM, 14-May-12

@Yogi Wirawan, iya maz yogi.. Ringan bagi yang imannya kuat dan juga sebaliknya biggrin

Anyoel KotoKers™ on 12:01 AM, 14-May-12

@Arhan Saputra Gates | info tips trik, tafadhol maz.. Semoga mendapat berkah dari Allah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ on 12:01 AM, 14-May-12

@Brangas, alhamdulillah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ on 12:03 AM, 14-May-12

@Sunan, sip.. Suwon kang sunan smile

Anyoel KotoKers™ on 12:03 AM, 14-May-12

@Rifqie, wa'alaikumsalam.. Iya gag papa.. Syukron ya..

Anyoel KotoKers™ on 12:18 AM, 14-May-12

@Slamet wahyudi, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

JhaY Amowater on 12:41 AM, 14-May-12

Syukran akhi, sngat bermanft postx...Mari qt amalkan ke 10 amalan trsebut n stdakx separoh pun jadi yamrgreen

Adhita on 01:08 AM, 14-May-12

langsung sundul ..
Hehehe...

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel ███████████████████ on 01:23 AM, 14-May-12

Makasih kultumnya mass,bs mptebal iman ane

| Aa-The Habbibullah | on 07:39 AM, 14-May-12

No 8 sayah sangat susah utk meninggalkannya..
Debat Kusiirrrr...

Oh iya,, ini blog milik siapa ya http://t.co/t8dVCR29 ?? biggrin
Salam Mwber..

Rian Marley Rastafara® on 08:53 AM, 14-May-12

Pertamak mantep master kunjungan perdana.salam kenal, Jangan lupa kunbal dan polbek gubuk ane .biggrin tengkyu

Anyoel KotoKers™ on 09:27 AM, 14-May-12

@JhaY Amowater, iya akhi.. Continue.. Allah lebih suka amalan yang sedikit tapi dilakukan secara continue smile

Anyoel KotoKers™ on 09:27 AM, 14-May-12

@Adhita, syukron sobat.. smile

Anyoel KotoKers™ on 09:28 AM, 14-May-12

@Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel ██████████████, iya sama2 maz.. Moga bermanfaat.. Syukron.. smile

Anyoel KotoKers™ on 09:29 AM, 14-May-12

@| Aa-The Habbibullah |, hehehe.. Semoga bisa dijauhi maz.. Salam ukhuwah..

Anyoel KotoKers™ on 09:30 AM, 14-May-12

@Rian Marley Rastafara®, salam kenal balik.. Oke udah di follback smile

тяιзиιđαđ ρяσνσсαтσя вυđιм▲и on 09:52 AM, 14-May-12

assalamualaikum mas biggrin alhamdulilah dapat ilmu baru, memang kadang amalan itu sepele tapi ternyata banyak paedahnya

Anyoel KotoKers™ on 10:13 AM, 14-May-12

@тяιзиιđαđ ρяσνσсαтσя вυđιм▲и, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Iya maz emang ringan.. Tapi ada juga yang bilang ini berat.. Syukron smile

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top