Doa Saat Hujan

April272012


Saat turun hujan, kaum muslimin yang menyaksikannya berharap agar hujan tersebut membawa kebaikan dan menjadi rahmat sebagaimana yang pernah diajarkan Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam. Di antara doa / dzikir tersebut adalah :

Pertama : Membaca doa :

"Allahumma Shayyiban Naafi'an"

Artinya : Ya Allah, (jadikan hujan ini) hujan yang membawa manfaat (kebaikan).

Diriwayatkan dari 'Aisyah Radhiallahu 'Anha, "Adalah Nabi Shalallahu 'Alaihi Wa Salam apabila melihat hujan beliau berdoa : ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAAFI'AN (Ya Allah, jadikan hujan ini hujan yang membawa manfaat kebaikan." (HR. Bukhari).

Kedua : membaca :

"Rahmatun"

Artinya : ini adalah rahmat.

Diriwayatkan dari 'Aisyah Radhiallahu 'Anha, adalah Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam apabila terjadi angin kencang dan awan tebal maka beliau sangat khawatir yang dapat diketahui melalui wajah beliau. Beliau mondar-mandir. Dan jika turun hujan, maka beliau terlihat senang dan hilang kekhwatiran tadi. Lalu 'Aisyah menanyakan kepada beliau perihal tadi. Maka beliau menjawab, "Sungguh aku khawatir kalau itu menjadi adzab yang ditimpakan kepada umatku." Dan apabila beliau melihat hujan, beliau bersabda : rahmatun (ini adalah rahmat). (HR. Muslim).

Imam Nawawi rahimahullah dalam Syarh Muslim menjelaskan tentang makna hadits di atas, "Di dalamnya terdapat anjuran bersiaga dengan mendekatkan diri kepada Allah dan berlindung kepada-Nya saat terjadi perubahan kondisi alam dan munculnya penyebab musibah. Kekhawatiran beliau Shalallahu 'Alaihi Wa Salam kalau-kalau di adzab dengan maksiatnya ahli maksiat. Dan gembiranya beliau karena hilangnya sebab kekhawatiran."

Ketiga : Menisbatkan hujan kepada Allah, bukan kepada selainnya seperti kepada bintang. Dari Zaid bin Khalid Radhiallahu 'Anhu menceritakan, kami keluar bersama Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam pada tahun Hudaibiyah, lalu pada suatu malam kami mendapat hujan.

Maka pada seusai beliau mengimami kami pada shalat shubuhnya, beliau menghadap kepada kami, lalu bersabda : 'Tahukah kalian apa yang dikatakan oleh Rabba kalian?' Kami menjawab : 'Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.' Kemudian beliau bersabda : "Allah berfirman : di pagi ini ada di antara hamba-hamba-Ku yang beriman kepada-Ku dan yang ingkar kepada-Ku. Adapun orang yang mengatakan, 'kami diberi hujan karena rahmat Allah, rizki dan karunia-Nya,' maka ia beriman kepada-Ku dan kufur terhadap bintang-bintang. Adapun orang yang mengatakan, 'kami diberi hujan karena bintang ini dan bintang itu,' maka ia beriman kepada bintang-bintang dan kufur kepada-Ku." (HR. Bukhari dan Muslim, lafaz milik Al-Bukhari).

Keempat : memperbanyak doa saat turun hujan, karena termasuk waktu yang mustajab. Nabi Shalallahu 'Alaihi Wa Salam bersabda : "Carilah pengabulan doa pada saat bertemunya dua pasukan, pada saat iqamah shalat, dan saat turun hujan." (HR. al-Hakim dalam al-Mustadrak : 2/114 dan dishahihkan olehnya. Lihat Majmu' fatawa : 7/129. Dishahihkan Al-Albani dalam al-Silsilah al-Shahihah No. 1469 dan Shahih al-Jami' No. 1026).

Penutup Islam mengajarkan banyak dzikir dan doa pada beberapa kondisi. Semua itu agar hamba Allah selalu ingat dan kembali kepada-Nya. Menyadari bahwa semua kebaikan ada di tangan-Nya. Sehingga dia senantiasa berharap dan memohon kebaikan hanya kepada-Nya semata. lalu diikuti dengan syukur kepada-Nya dengan menggunakan nikmat untuk taat kepada-Nya. Dan seperti itu pula saat melihat hujan turun. Wallahu Ta'ala A'lam.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

93 tanggapan untuk "Doa Saat Hujan"

Anyoel KotoKers™ pada 08:40 AM, 27-Apr-12

Alhamdulillah.. Doa Saat Hujan sukses.. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan buat saudaraku smile

Yoga Kelana pada 08:44 AM, 27-Apr-12

assalamu'allaikum
Selamat pagi sobat
Alhamdulillah dipagi yang cerah ini semoga sobat sll mendapat rahmatNya amin

Yogi Wirawan pada 08:49 AM, 27-Apr-12

hujan menyuburkan tanaman, menggemburkan tanah, membawa kotoran2 di jalanan, menjauhkan dari kekeringan.. Maka jelas hujan itu rahmat bagi mereka yg berfikir...

KamaL pada 08:50 AM, 27-Apr-12

Assalamualaikum..kunjungan jumat sob,pasti brmanfaat,,

ACHENES pada 08:50 AM, 27-Apr-12

Assalamualaikum....nice share sob......slmt pgi slmt berkativitas

KOPLO Pengen Pinter pada 08:51 AM, 27-Apr-12

nice gan

Sarilah pada 08:52 AM, 27-Apr-12

waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

begitu ya mas anyoel,waktu hujan adalah waktu yang termasuk mustajab buat berdoa.terima kasih banyak sudah mau berbagi kang anyoel.moga tambah maju blognya dan sukses.wink smile

http://sarilah.mywapblog.com/how-mywapblog-are-you.xhtml

kalsel symbianner pada 09:25 AM, 27-Apr-12

klo ada arab nya tambah semangat baca nya sob ...

Dtunggu dpost ane yang baru

Mike Shinoda LP™ pada 09:43 AM, 27-Apr-12

http://sketerz.pun.bz
berkomentar :

artikel yg bermanfaat gan biggrin

thanks 4 sharing,
dtnggu kunjungannya mrgreen

Bypendy pada 09:44 AM, 27-Apr-12

met pagi kawan ...berdoa di waktu hujan ..ane ikutan belajar lagi mas

Agues19 pada 09:55 AM, 27-Apr-12

selamat pagi kawan...
Ikt nyimak gan...
Mantab infonya

ª™¶₪®AMRI®₪¶™ª pada 09:56 AM, 27-Apr-12

wew.pagi2 ane udh sarapan gtuan.mantap gan. .
Jgn lupe,ane tunggu ente di gubux ane smile

Acher pada 10:13 AM, 27-Apr-12

Assalamualaikum.... Met pagi Brad...

Andri Cieunteung | BOLA stats pada 10:43 AM, 27-Apr-12

Alhamdulillah, terima kasih sudah berbagi

Rifqie pada 11:02 AM, 27-Apr-12

alhamdulilah jd nanbh ilmu lg ...
Izin nyatet sob

WormTail | Andika Permana Nugraha pada 11:13 AM, 27-Apr-12

post yg bermanfaat. . Keep sharing and caring. . . . Wassalam. .

Amri pada 11:20 AM, 27-Apr-12

Trima ksh akhi tuk ilmunya,jd bertmbh pengetahuan sy.sukses slalu

Blogmwb pada 12:31 PM, 27-Apr-12

Izin bukmak,, gan. Mau jumaatan dulu..
http://blogmwb.pun.bz
http://wapmu.yn.lt

¤Ryder¤ pada 12:31 PM, 27-Apr-12

Wahh,, thnx gan info'a.. Klo hujan ane bkl ngucap Do'a itu wizz,, ( klo inget) xixixix biggrin

Anyoel KotoKers™ pada 01:06 PM, 27-Apr-12

@Yoga Kelana, wa'alaikumsalam.. Aamiin Allahumma Aamiin.. Syukron smile

@Yogi Wirawan, betul maz.. Hujan adalah rahmat.. Tapi banyak orang yg tidak bersyukur.. Malah mencacinya lagi.. Naudzubillah.. sad

@KamaL, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ pada 01:14 PM, 27-Apr-12

@ACHENES, wa'alaikumsalam.. Syukron..

@KOPLO Pengen Pinter, syukron..

@Sarilah, iya mbak.. Alhamdulillah syukron ya..

Anyoel KotoKers™ pada 01:22 PM, 27-Apr-12

@kalsel symbianner, maaf hp gag support maz.. sad

@Mike Shinoda LP™, alhamdulillah.. Oke ditunggu ya smile

@Bypendy, iya maz.. Alhamdulillah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ pada 01:24 PM, 27-Apr-12

@Agues19, syukron..

@ª™¶₪®AMRI®₪¶™ª, oke udah meluncur maz smile

@Acher, wa'alaikumsalam.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ pada 01:26 PM, 27-Apr-12

@Andri Cieunteung | BOLA stats, alhamdulillah.. Syukron..

@Rifqie, alhamdulillah.. Tafadhol maz.. smile

@WormTail | Andika Permana Nugraha, alhamdulillah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ pada 01:28 PM, 27-Apr-12

@Amri, alhamdulillah.. Sama2 akhi.. Syukron..

@Blogmwb, tafadhol sobat.. smile

@¤Ryder¤, semoga dihafal dan jangan sampe lupa ya.. Gampang kok.. Simple lagi.. smile

Anas Syahusein pada 01:46 PM, 27-Apr-12

mampir dulu sob numpang neduh diistanamu'biggrin
http://husen.heck.in

Kamseupay pada 01:53 PM, 27-Apr-12

mantaff gan

Anyoel KotoKers™ pada 01:53 PM, 27-Apr-12

@Anas Syahusein, syukron.. Ane segera kunjung balik smile

Anyoel KotoKers™ pada 01:56 PM, 27-Apr-12

@Kamseupay, syukron..

_Fauzan Blog_ pada 02:04 PM, 27-Apr-12

Mncoba tuk hapal sob, thx smile

s60 & Java Blog pada 02:12 PM, 27-Apr-12

nyimak aja sob, klo ada wktu mmpir di gubuk ane

Jogjaball® pada 02:16 PM, 27-Apr-12

sip s6b!

Iral Farehal pada 02:16 PM, 27-Apr-12

berkunjung siang abis jum'atan sob, , ,

nongkrong jga di http://farehal.faa.im/ ya sob

Bengong™ pada 02:24 PM, 27-Apr-12

Assalamualaikum....
doa yg sangat berguna bro... thx.

XTIARBUMI ™ pada 02:24 PM, 27-Apr-12

IJIN CTET DOANYA MAS. KRN SLM NI ANE GA TAU DOANYA. THANKS

«『DaviDHC™』» pada 02:26 PM, 27-Apr-12

nyimak aj nihh...
doanya agar berjalan bro biggrin

L A T I F ≡ pada 02:33 PM, 27-Apr-12

ane save sob
.

Salafer pada 03:23 PM, 27-Apr-12

asslaamualaikum...sangat bermanfaat kang, biggrin

EmbLoGAN pada 03:47 PM, 27-Apr-12

Asalamualaikum..mf telat dan terimakasih ilmun nya

Agues19 pada 03:57 PM, 27-Apr-12

dtang memenuhi panggilan mas brow lol

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel ███████████████████ pada 04:52 PM, 27-Apr-12

Mantaaap nich mazz,ane catet dulu ya.trims

JhaY Amowater pada 05:40 PM, 27-Apr-12

Assalamu'alaikum akhi,, ane save dulu ya...,,terus berkarya !

Iffay Burgerdoublecheese  pada 05:45 PM, 27-Apr-12

wuihh... Kereenn master... biggrin mohon kunjungan baliknya yah master... smile thanks...

By : http://iffayquiqleey.mywapblog.com

Agus pada 05:53 PM, 27-Apr-12

Assalamu'alaikum, subhanallah, aku suka hujan

Naruto lover's pada 05:56 PM, 27-Apr-12

mantap kang tp skrng musim kemarau

Anyoel KotoKers™ pada 06:20 PM, 27-Apr-12

@_Fauzan Blog_, silahkan sobat.. Moga sukses ya..

@s60 & Java Blog, udah kan tadi.. Syukron..

@Jogjaball®, syukron..

Anyoel KotoKers™ pada 06:32 PM, 27-Apr-12

@Iral Farehal, oke sobat.. Ditunggu ya.. Syukron..

@Bengong™, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

@XTIARBUMI ™, tafadhol maz.. Moga bermanfaat ya smile

Anyoel KotoKers™ pada 06:35 PM, 27-Apr-12

@«『DaviDHC™』», syukron.. smile

@L A T I F ≡, tafadhol sobat smile

@Salafer, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..smile

D-Yogz pada 06:37 PM, 27-Apr-12

Ijin bersilaturahmi kang,, maaf bgt gak bisa nyimak lama2, update numpuk nh ada 70 gra2 5hr gak ngblog nh. . .
Maaf bgt ea?

Anyoel KotoKers™ pada 06:37 PM, 27-Apr-12

@EmbLoGAN, wa'alaikumsalam.. Syukron..

@Agues19, syukron sobat..

@Madthohars | Gudang Ilmu &
Artikel
████████████, tafadhol maz.. Syukron..

@JhaY Amowater, wa'alaikumsalam.. Syukron akhi.. smile

Anyoel KotoKers™ pada 06:39 PM, 27-Apr-12

@Iffay Burgerdoublecheese, syukron..

@Agus, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

@Naruto lover's, disini udah musim hujan sobat.. smile

Anyoel KotoKers™ pada 06:44 PM, 27-Apr-12

@D-Yogz, tafadhol maz.. Syukron udah hadir silaturahim.. smile

Zen's pada 08:00 PM, 27-Apr-12

silaturohim sore

тяιзиιđαđ вυđιм▲и pada 08:19 PM, 27-Apr-12

assalamualaikum brad
hujan adalah rahmat bagi sekalian mahluk baik manusia hewan atau pun tumbuhan

asnan09 pada 08:21 PM, 27-Apr-12

Alhamdulillah...Udah jarang ujan sekarang...mrgreen

Arsya Abdirrahman Al-Haritsiy pada 08:35 PM, 27-Apr-12

assalamu'alaikum warohmatulloh akhy,,

afwan kalo baru bisa berkunjung lagi..

Jazakallah khayran tambahan ilmu nya.. ane save

barokalloh fiek

Alfurqon pada 08:44 PM, 27-Apr-12

assalaamu alaikum.
ijin menyimak sobat, teruslah berkarya.
dan jgn lupa kunbal ya...!

Peppy|yayashi pada 08:45 PM, 27-Apr-12

assalamu'alaikum...
Mudah-mudahan bermanfaat doanya sob, sebab tidak ada yg kita lakukan selain berdoa memohon perlindungan pada Allah Swt.. Thanks..

Budak Darawati pada 09:02 PM, 27-Apr-12

Assalammualaykummm gan,,,InsyAllah itu kan sllu aq baca smile

Budi Berpekerti Luhur pada 09:17 PM, 27-Apr-12

Assalamu'alaikum wr.wb..
Wah..siap untk di amalkan neh gus.

arrowhttp://boedhie.heck.in

Rcboy pada 09:37 PM, 27-Apr-12

kunjungan malam sob,
nice post razz

Andrianto pada 09:56 PM, 27-Apr-12

assallammuallaikum.. Save lagi doanya kang, sangat bermanfaat, trimz smile

Azkiya nur_ajizah pada 11:21 PM, 27-Apr-12

nyimak ja ka..

Muhammad Burhantio pada 01:38 AM, 28-Apr-12

bermanfaat ni, tambah ilmu ane. Thanks gan

GALILEO™ pada 01:52 AM, 28-Apr-12

kalau ada gluduk gimana do'anya kang?

Zakin pada 02:25 AM, 28-Apr-12

wah keren sob, izin download ya. Aku newbie ni butuh teman, minta folback donk , thanks ya.

Zakin pada 02:25 AM, 28-Apr-12

wahaha, maksudku bo0kmark sob mrgreen

Anyoel KotoKers™ pada 10:28 AM, 28-Apr-12

@Zen's, syukron akhi..

@тяιзиιđαđ вυđιм▲и, wa'alaikumsalam.. Sip.. Betul sekali maz smile

@asnan09, buat antisipasi maz smile

@Arsya Abdirrahman Al-Haritsiy, wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.. Wa iyakum akhi.. Alhamdulillah syukron..smile

@Alfurqon, wa'alaikumsalam.. Syukron supportnya.. smile

Anyoel KotoKers™ pada 10:35 AM, 28-Apr-12

@Peppy|yayashi, aamiin.. Semoga bermanfaat.. Syukron maz peppy smile

@Budak Darawati, wa'alaikumsalam.. Keep istiqomah ya..

@Budi Berpekerti Luhur, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

@Rcboy, syukron ya..

@Andrianto, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Tafadhol maz andrianto smile

Anyoel KotoKers™ pada 10:44 AM, 28-Apr-12

@Azkiya nur_ajizah, syukron ya..

@Muhammad Burhantio, alhamdulillah.. Syukron..

@GALILEO™, hmmm.. Tunggu post selanjutnya ya maz.. InsyaALLAH segera meluncur..

@Zakin, monggo tafadhol maz.. Moga bermanfaat.. smile and udah ane follback wink

Anas Syahusein pada 10:55 AM, 28-Apr-12

wah ane telatbiggrin

Phaeychoeng pada 12:16 PM, 28-Apr-12

mantc maz brow.,
suxes truz

Zakin pada 12:23 PM, 28-Apr-12

disaat hujan ane teringat pacar cry

blog kodiq widia s60v3 pada 12:53 PM, 28-Apr-12

hadir pada siang hari sob...

Slamet wahyudi pada 01:25 PM, 28-Apr-12

assalamu'alaikum brada. Mantab doanya. Dah dlu y. Mau blogwalking lg nih

Eddy Mahendra pada 01:39 PM, 28-Apr-12

Datang berkunjung sobat,
Kunjungi dan follow blog q ya..
Pasti aq follow back

http://photoshopututs.heck.in

Ahmad Sidiq pada 03:30 PM, 28-Apr-12

a-ssalaamu `alaykum, oh begitu, makasih Mas atas infonya smile.

yan_mbah pada 03:36 PM, 28-Apr-12

nice post
kunjungan siang sob..

DEDI STYAWAN pada 03:51 PM, 28-Apr-12

kunjungan sianx sob.. Jgn lupa kunbalxbiggrin

Khant Berxco™ pada 08:11 PM, 28-Apr-12

syukran kang artikel yg bermanfa'at..


"SALAM KOPI HITAM"

Pandajaya Poso pada 09:08 PM, 28-Apr-12

mantap brow

Dadan Purnama pada 09:44 PM, 28-Apr-12

sip, aq jga pnya buku doa2nya

Adotz pada 09:45 PM, 28-Apr-12

prdana sob smile slam knal
Kpan" mampir ya di blog ane hehe
Ijin pamit ah mau ngebolang dulu askum mrgreen

Iman Hijrah Dan Jihad pada 11:40 PM, 28-Apr-12

Assalamu'alaikum smile Warahmatullahi biggrin Wabarakatuh.. rolleyes
alhamdulillah, semoga postnya menjadi ladang jariah bagi siapa saja terutama untuk adminnya.. biggrin

Anyoel KotoKers™ pada 12:15 AM, 29-Apr-12

@Anas Syahusein, syukron..smile

@Phaeychoeng, alhamdulillah.. Syukron..

@Zakin, hehehe.. Wah wah.. neutral

@blog kodiq widia s60v3, syukron ya.. Maaf blognya masih gag bisa ane buka.. sad

@Slamet wahyudi, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah syukron..

Anyoel KotoKers™ pada 12:18 AM, 29-Apr-12

@Eddy Mahendra, syukron udah silaturahim smile

@Ahmad Sidiq, wa'alaikumsalam.. Iya sama2 maz..

@yan_mbah, alhamdulillah.. Syukron ya.. smile

@DEDI STYAWAN, ditunggu ya.. Sabar.. Syukron..

@Khant Berxco™, wa iyakum maz.. Salam kopi abc biggrin

Anyoel KotoKers™ pada 12:22 AM, 29-Apr-12

@Pandajaya Poso, thanks bro smile

@Abi Feeza, tafadhol akhi.. Syukron.. Moga bermanfaat..

@Dadan Purnama, alhamdulillah.. Moga bisa diamalkan ya..

@Adotz, syukron.. Ditunggu ya.. smile

@Iman Hijrah Dan Jihad, wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.. Aamiin Allahumma Aamiin Syukron akhi.. smile

Nuril As pada 01:22 AM, 29-Apr-12

sangat bermanfaat sob,,
di tunggu loh kunbalnya..... en follow backnya,, ditunggu nihwink
thanks

Irfan Fudhori pada 03:44 AM, 29-Apr-12

Assalamu'alaikum, Alhamdulillah bisa kembali silatirrahim, walau telat...! smile

Gaara pada 06:18 AM, 29-Apr-12

kalo di itung2 do'a itu banyak banget hehe

Anyoel KotoKers™ pada 06:49 AM, 29-Apr-12

@Nuril As, oke sobat.. Segera meluncur ke TKP.. syukron

Anyoel KotoKers™ pada 06:56 AM, 29-Apr-12

@Irfan Fudhori, Wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ pada 06:57 AM, 29-Apr-12

@Gaara, iya sobat.. Semoga bisa diamalkan ya smile

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas