Doa Saat Hujan

April272012


Saat turun hujan, kaum muslimin yang menyaksikannya berharap agar hujan tersebut membawa kebaikan dan menjadi rahmat sebagaimana yang pernah diajarkan Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam. Di antara doa / dzikir tersebut adalah :

Pertama : Membaca doa :

"Allahumma Shayyiban Naafi'an"

Artinya : Ya Allah, (jadikan hujan ini) hujan yang membawa manfaat (kebaikan).

Diriwayatkan dari 'Aisyah Radhiallahu 'Anha, "Adalah Nabi Shalallahu 'Alaihi Wa Salam apabila melihat hujan beliau berdoa : ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAAFI'AN (Ya Allah, jadikan hujan ini hujan yang membawa manfaat kebaikan." (HR. Bukhari).

Kedua : membaca :

"Rahmatun"

Artinya : ini adalah rahmat.

Diriwayatkan dari 'Aisyah Radhiallahu 'Anha, adalah Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam apabila terjadi angin kencang dan awan tebal maka beliau sangat khawatir yang dapat diketahui melalui wajah beliau. Beliau mondar-mandir. Dan jika turun hujan, maka beliau terlihat senang dan hilang kekhwatiran tadi. Lalu 'Aisyah menanyakan kepada beliau perihal tadi. Maka beliau menjawab, "Sungguh aku khawatir kalau itu menjadi adzab yang ditimpakan kepada umatku." Dan apabila beliau melihat hujan, beliau bersabda : rahmatun (ini adalah rahmat). (HR. Muslim).

Imam Nawawi rahimahullah dalam Syarh Muslim menjelaskan tentang makna hadits di atas, "Di dalamnya terdapat anjuran bersiaga dengan mendekatkan diri kepada Allah dan berlindung kepada-Nya saat terjadi perubahan kondisi alam dan munculnya penyebab musibah. Kekhawatiran beliau Shalallahu 'Alaihi Wa Salam kalau-kalau di adzab dengan maksiatnya ahli maksiat. Dan gembiranya beliau karena hilangnya sebab kekhawatiran."

Ketiga : Menisbatkan hujan kepada Allah, bukan kepada selainnya seperti kepada bintang. Dari Zaid bin Khalid Radhiallahu 'Anhu menceritakan, kami keluar bersama Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam pada tahun Hudaibiyah, lalu pada suatu malam kami mendapat hujan.

Maka pada seusai beliau mengimami kami pada shalat shubuhnya, beliau menghadap kepada kami, lalu bersabda : 'Tahukah kalian apa yang dikatakan oleh Rabba kalian?' Kami menjawab : 'Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.' Kemudian beliau bersabda : "Allah berfirman : di pagi ini ada di antara hamba-hamba-Ku yang beriman kepada-Ku dan yang ingkar kepada-Ku. Adapun orang yang mengatakan, 'kami diberi hujan karena rahmat Allah, rizki dan karunia-Nya,' maka ia beriman kepada-Ku dan kufur terhadap bintang-bintang. Adapun orang yang mengatakan, 'kami diberi hujan karena bintang ini dan bintang itu,' maka ia beriman kepada bintang-bintang dan kufur kepada-Ku." (HR. Bukhari dan Muslim, lafaz milik Al-Bukhari).

Keempat : memperbanyak doa saat turun hujan, karena termasuk waktu yang mustajab. Nabi Shalallahu 'Alaihi Wa Salam bersabda : "Carilah pengabulan doa pada saat bertemunya dua pasukan, pada saat iqamah shalat, dan saat turun hujan." (HR. al-Hakim dalam al-Mustadrak : 2/114 dan dishahihkan olehnya. Lihat Majmu' fatawa : 7/129. Dishahihkan Al-Albani dalam al-Silsilah al-Shahihah No. 1469 dan Shahih al-Jami' No. 1026).

Penutup Islam mengajarkan banyak dzikir dan doa pada beberapa kondisi. Semua itu agar hamba Allah selalu ingat dan kembali kepada-Nya. Menyadari bahwa semua kebaikan ada di tangan-Nya. Sehingga dia senantiasa berharap dan memohon kebaikan hanya kepada-Nya semata. lalu diikuti dengan syukur kepada-Nya dengan menggunakan nikmat untuk taat kepada-Nya. Dan seperti itu pula saat melihat hujan turun. Wallahu Ta'ala A'lam.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

93 responses to "Doa Saat Hujan"

Anyoel KotoKers™ on 08:40 AM, 27-Apr-12

Alhamdulillah.. Doa Saat Hujan sukses.. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan buat saudaraku smile

Yoga Kelana on 08:44 AM, 27-Apr-12

assalamu'allaikum
Selamat pagi sobat
Alhamdulillah dipagi yang cerah ini semoga sobat sll mendapat rahmatNya amin

Yogi Wirawan on 08:49 AM, 27-Apr-12

hujan menyuburkan tanaman, menggemburkan tanah, membawa kotoran2 di jalanan, menjauhkan dari kekeringan.. Maka jelas hujan itu rahmat bagi mereka yg berfikir...

KamaL on 08:50 AM, 27-Apr-12

Assalamualaikum..kunjungan jumat sob,pasti brmanfaat,,

ACHENES on 08:50 AM, 27-Apr-12

Assalamualaikum....nice share sob......slmt pgi slmt berkativitas

KOPLO Pengen Pinter on 08:51 AM, 27-Apr-12

nice gan

Sarilah on 08:52 AM, 27-Apr-12

waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

begitu ya mas anyoel,waktu hujan adalah waktu yang termasuk mustajab buat berdoa.terima kasih banyak sudah mau berbagi kang anyoel.moga tambah maju blognya dan sukses.wink smile

http://sarilah.mywapblog.com/how-mywapblog-are-you.xhtml

kalsel symbianner on 09:25 AM, 27-Apr-12

klo ada arab nya tambah semangat baca nya sob ...

Dtunggu dpost ane yang baru

Mike Shinoda LP™ on 09:43 AM, 27-Apr-12

http://sketerz.pun.bz
berkomentar :

artikel yg bermanfaat gan biggrin

thanks 4 sharing,
dtnggu kunjungannya mrgreen

Bypendy on 09:44 AM, 27-Apr-12

met pagi kawan ...berdoa di waktu hujan ..ane ikutan belajar lagi mas

Agues19 on 09:55 AM, 27-Apr-12

selamat pagi kawan...
Ikt nyimak gan...
Mantab infonya

ª™¶₪®AMRI®₪¶™ª on 09:56 AM, 27-Apr-12

wew.pagi2 ane udh sarapan gtuan.mantap gan. .
Jgn lupe,ane tunggu ente di gubux ane smile

Acher on 10:13 AM, 27-Apr-12

Assalamualaikum.... Met pagi Brad...

Andri Cieunteung | BOLA stats on 10:43 AM, 27-Apr-12

Alhamdulillah, terima kasih sudah berbagi

Rifqie on 11:02 AM, 27-Apr-12

alhamdulilah jd nanbh ilmu lg ...
Izin nyatet sob

WormTail | Andika Permana Nugraha on 11:13 AM, 27-Apr-12

post yg bermanfaat. . Keep sharing and caring. . . . Wassalam. .

Amri on 11:20 AM, 27-Apr-12

Trima ksh akhi tuk ilmunya,jd bertmbh pengetahuan sy.sukses slalu

Blogmwb on 12:31 PM, 27-Apr-12

Izin bukmak,, gan. Mau jumaatan dulu..
http://blogmwb.pun.bz
http://wapmu.yn.lt

¤Ryder¤ on 12:31 PM, 27-Apr-12

Wahh,, thnx gan info'a.. Klo hujan ane bkl ngucap Do'a itu wizz,, ( klo inget) xixixix biggrin

Anyoel KotoKers™ on 01:06 PM, 27-Apr-12

@Yoga Kelana, wa'alaikumsalam.. Aamiin Allahumma Aamiin.. Syukron smile

@Yogi Wirawan, betul maz.. Hujan adalah rahmat.. Tapi banyak orang yg tidak bersyukur.. Malah mencacinya lagi.. Naudzubillah.. sad

@KamaL, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ on 01:14 PM, 27-Apr-12

@ACHENES, wa'alaikumsalam.. Syukron..

@KOPLO Pengen Pinter, syukron..

@Sarilah, iya mbak.. Alhamdulillah syukron ya..

Anyoel KotoKers™ on 01:22 PM, 27-Apr-12

@kalsel symbianner, maaf hp gag support maz.. sad

@Mike Shinoda LP™, alhamdulillah.. Oke ditunggu ya smile

@Bypendy, iya maz.. Alhamdulillah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ on 01:24 PM, 27-Apr-12

@Agues19, syukron..

@ª™¶₪®AMRI®₪¶™ª, oke udah meluncur maz smile

@Acher, wa'alaikumsalam.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ on 01:26 PM, 27-Apr-12

@Andri Cieunteung | BOLA stats, alhamdulillah.. Syukron..

@Rifqie, alhamdulillah.. Tafadhol maz.. smile

@WormTail | Andika Permana Nugraha, alhamdulillah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ on 01:28 PM, 27-Apr-12

@Amri, alhamdulillah.. Sama2 akhi.. Syukron..

@Blogmwb, tafadhol sobat.. smile

@¤Ryder¤, semoga dihafal dan jangan sampe lupa ya.. Gampang kok.. Simple lagi.. smile

Anas Syahusein on 01:46 PM, 27-Apr-12

mampir dulu sob numpang neduh diistanamu'biggrin
http://husen.heck.in

Kamseupay on 01:53 PM, 27-Apr-12

mantaff gan

Anyoel KotoKers™ on 01:53 PM, 27-Apr-12

@Anas Syahusein, syukron.. Ane segera kunjung balik smile

Anyoel KotoKers™ on 01:56 PM, 27-Apr-12

@Kamseupay, syukron..

_Fauzan Blog_ on 02:04 PM, 27-Apr-12

Mncoba tuk hapal sob, thx smile

s60 & Java Blog on 02:12 PM, 27-Apr-12

nyimak aja sob, klo ada wktu mmpir di gubuk ane

Jogjaball® on 02:16 PM, 27-Apr-12

sip s6b!

Iral Farehal on 02:16 PM, 27-Apr-12

berkunjung siang abis jum'atan sob, , ,

nongkrong jga di http://farehal.faa.im/ ya sob

Bengong™ on 02:24 PM, 27-Apr-12

Assalamualaikum....
doa yg sangat berguna bro... thx.

XTIARBUMI ™ on 02:24 PM, 27-Apr-12

IJIN CTET DOANYA MAS. KRN SLM NI ANE GA TAU DOANYA. THANKS

«『DaviDHC™』» on 02:26 PM, 27-Apr-12

nyimak aj nihh...
doanya agar berjalan bro biggrin

L A T I F ≡ on 02:33 PM, 27-Apr-12

ane save sob
.

Salafer on 03:23 PM, 27-Apr-12

asslaamualaikum...sangat bermanfaat kang, biggrin

EmbLoGAN on 03:47 PM, 27-Apr-12

Asalamualaikum..mf telat dan terimakasih ilmun nya

Agues19 on 03:57 PM, 27-Apr-12

dtang memenuhi panggilan mas brow lol

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel ███████████████████ on 04:52 PM, 27-Apr-12

Mantaaap nich mazz,ane catet dulu ya.trims

JhaY Amowater on 05:40 PM, 27-Apr-12

Assalamu'alaikum akhi,, ane save dulu ya...,,terus berkarya !

Iffay Burgerdoublecheese  on 05:45 PM, 27-Apr-12

wuihh... Kereenn master... biggrin mohon kunjungan baliknya yah master... smile thanks...

By : http://iffayquiqleey.mywapblog.com

Agus on 05:53 PM, 27-Apr-12

Assalamu'alaikum, subhanallah, aku suka hujan

Naruto lover's on 05:56 PM, 27-Apr-12

mantap kang tp skrng musim kemarau

Anyoel KotoKers™ on 06:20 PM, 27-Apr-12

@_Fauzan Blog_, silahkan sobat.. Moga sukses ya..

@s60 & Java Blog, udah kan tadi.. Syukron..

@Jogjaball®, syukron..

Anyoel KotoKers™ on 06:32 PM, 27-Apr-12

@Iral Farehal, oke sobat.. Ditunggu ya.. Syukron..

@Bengong™, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

@XTIARBUMI ™, tafadhol maz.. Moga bermanfaat ya smile

Anyoel KotoKers™ on 06:35 PM, 27-Apr-12

@«『DaviDHC™』», syukron.. smile

@L A T I F ≡, tafadhol sobat smile

@Salafer, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..smile

D-Yogz on 06:37 PM, 27-Apr-12

Ijin bersilaturahmi kang,, maaf bgt gak bisa nyimak lama2, update numpuk nh ada 70 gra2 5hr gak ngblog nh. . .
Maaf bgt ea?

Anyoel KotoKers™ on 06:37 PM, 27-Apr-12

@EmbLoGAN, wa'alaikumsalam.. Syukron..

@Agues19, syukron sobat..

@Madthohars | Gudang Ilmu &
Artikel
████████████, tafadhol maz.. Syukron..

@JhaY Amowater, wa'alaikumsalam.. Syukron akhi.. smile

Anyoel KotoKers™ on 06:39 PM, 27-Apr-12

@Iffay Burgerdoublecheese, syukron..

@Agus, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

@Naruto lover's, disini udah musim hujan sobat.. smile

Anyoel KotoKers™ on 06:44 PM, 27-Apr-12

@D-Yogz, tafadhol maz.. Syukron udah hadir silaturahim.. smile

Zen's on 08:00 PM, 27-Apr-12

silaturohim sore

тяιзиιđαđ вυđιм▲и on 08:19 PM, 27-Apr-12

assalamualaikum brad
hujan adalah rahmat bagi sekalian mahluk baik manusia hewan atau pun tumbuhan

asnan09 on 08:21 PM, 27-Apr-12

Alhamdulillah...Udah jarang ujan sekarang...mrgreen

Arsya Abdirrahman Al-Haritsiy on 08:35 PM, 27-Apr-12

assalamu'alaikum warohmatulloh akhy,,

afwan kalo baru bisa berkunjung lagi..

Jazakallah khayran tambahan ilmu nya.. ane save

barokalloh fiek

Alfurqon on 08:44 PM, 27-Apr-12

assalaamu alaikum.
ijin menyimak sobat, teruslah berkarya.
dan jgn lupa kunbal ya...!

Peppy|yayashi on 08:45 PM, 27-Apr-12

assalamu'alaikum...
Mudah-mudahan bermanfaat doanya sob, sebab tidak ada yg kita lakukan selain berdoa memohon perlindungan pada Allah Swt.. Thanks..

Budak Darawati on 09:02 PM, 27-Apr-12

Assalammualaykummm gan,,,InsyAllah itu kan sllu aq baca smile

Budi Berpekerti Luhur on 09:17 PM, 27-Apr-12

Assalamu'alaikum wr.wb..
Wah..siap untk di amalkan neh gus.

arrowhttp://boedhie.heck.in

Rcboy on 09:37 PM, 27-Apr-12

kunjungan malam sob,
nice post razz

Andrianto on 09:56 PM, 27-Apr-12

assallammuallaikum.. Save lagi doanya kang, sangat bermanfaat, trimz smile

Azkiya nur_ajizah on 11:21 PM, 27-Apr-12

nyimak ja ka..

Muhammad Burhantio on 01:38 AM, 28-Apr-12

bermanfaat ni, tambah ilmu ane. Thanks gan

GALILEO™ on 01:52 AM, 28-Apr-12

kalau ada gluduk gimana do'anya kang?

Zakin on 02:25 AM, 28-Apr-12

wah keren sob, izin download ya. Aku newbie ni butuh teman, minta folback donk , thanks ya.

Zakin on 02:25 AM, 28-Apr-12

wahaha, maksudku bo0kmark sob mrgreen

Anyoel KotoKers™ on 10:28 AM, 28-Apr-12

@Zen's, syukron akhi..

@тяιзиιđαđ вυđιм▲и, wa'alaikumsalam.. Sip.. Betul sekali maz smile

@asnan09, buat antisipasi maz smile

@Arsya Abdirrahman Al-Haritsiy, wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.. Wa iyakum akhi.. Alhamdulillah syukron..smile

@Alfurqon, wa'alaikumsalam.. Syukron supportnya.. smile

Anyoel KotoKers™ on 10:35 AM, 28-Apr-12

@Peppy|yayashi, aamiin.. Semoga bermanfaat.. Syukron maz peppy smile

@Budak Darawati, wa'alaikumsalam.. Keep istiqomah ya..

@Budi Berpekerti Luhur, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

@Rcboy, syukron ya..

@Andrianto, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Tafadhol maz andrianto smile

Anyoel KotoKers™ on 10:44 AM, 28-Apr-12

@Azkiya nur_ajizah, syukron ya..

@Muhammad Burhantio, alhamdulillah.. Syukron..

@GALILEO™, hmmm.. Tunggu post selanjutnya ya maz.. InsyaALLAH segera meluncur..

@Zakin, monggo tafadhol maz.. Moga bermanfaat.. smile and udah ane follback wink

Anas Syahusein on 10:55 AM, 28-Apr-12

wah ane telatbiggrin

Phaeychoeng on 12:16 PM, 28-Apr-12

mantc maz brow.,
suxes truz

Zakin on 12:23 PM, 28-Apr-12

disaat hujan ane teringat pacar cry

blog kodiq widia s60v3 on 12:53 PM, 28-Apr-12

hadir pada siang hari sob...

Slamet wahyudi on 01:25 PM, 28-Apr-12

assalamu'alaikum brada. Mantab doanya. Dah dlu y. Mau blogwalking lg nih

Eddy Mahendra on 01:39 PM, 28-Apr-12

Datang berkunjung sobat,
Kunjungi dan follow blog q ya..
Pasti aq follow back

http://photoshopututs.heck.in

Ahmad Sidiq on 03:30 PM, 28-Apr-12

a-ssalaamu `alaykum, oh begitu, makasih Mas atas infonya smile.

yan_mbah on 03:36 PM, 28-Apr-12

nice post
kunjungan siang sob..

DEDI STYAWAN on 03:51 PM, 28-Apr-12

kunjungan sianx sob.. Jgn lupa kunbalxbiggrin

Khant Berxco™ on 08:11 PM, 28-Apr-12

syukran kang artikel yg bermanfa'at..


"SALAM KOPI HITAM"

Pandajaya Poso on 09:08 PM, 28-Apr-12

mantap brow

Dadan Purnama on 09:44 PM, 28-Apr-12

sip, aq jga pnya buku doa2nya

Adotz on 09:45 PM, 28-Apr-12

prdana sob smile slam knal
Kpan" mampir ya di blog ane hehe
Ijin pamit ah mau ngebolang dulu askum mrgreen

Iman Hijrah Dan Jihad on 11:40 PM, 28-Apr-12

Assalamu'alaikum smile Warahmatullahi biggrin Wabarakatuh.. rolleyes
alhamdulillah, semoga postnya menjadi ladang jariah bagi siapa saja terutama untuk adminnya.. biggrin

Anyoel KotoKers™ on 12:15 AM, 29-Apr-12

@Anas Syahusein, syukron..smile

@Phaeychoeng, alhamdulillah.. Syukron..

@Zakin, hehehe.. Wah wah.. neutral

@blog kodiq widia s60v3, syukron ya.. Maaf blognya masih gag bisa ane buka.. sad

@Slamet wahyudi, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah syukron..

Anyoel KotoKers™ on 12:18 AM, 29-Apr-12

@Eddy Mahendra, syukron udah silaturahim smile

@Ahmad Sidiq, wa'alaikumsalam.. Iya sama2 maz..

@yan_mbah, alhamdulillah.. Syukron ya.. smile

@DEDI STYAWAN, ditunggu ya.. Sabar.. Syukron..

@Khant Berxco™, wa iyakum maz.. Salam kopi abc biggrin

Anyoel KotoKers™ on 12:22 AM, 29-Apr-12

@Pandajaya Poso, thanks bro smile

@Abi Feeza, tafadhol akhi.. Syukron.. Moga bermanfaat..

@Dadan Purnama, alhamdulillah.. Moga bisa diamalkan ya..

@Adotz, syukron.. Ditunggu ya.. smile

@Iman Hijrah Dan Jihad, wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.. Aamiin Allahumma Aamiin Syukron akhi.. smile

Nuril As on 01:22 AM, 29-Apr-12

sangat bermanfaat sob,,
di tunggu loh kunbalnya..... en follow backnya,, ditunggu nihwink
thanks

Irfan Fudhori on 03:44 AM, 29-Apr-12

Assalamu'alaikum, Alhamdulillah bisa kembali silatirrahim, walau telat...! smile

Gaara on 06:18 AM, 29-Apr-12

kalo di itung2 do'a itu banyak banget hehe

Anyoel KotoKers™ on 06:49 AM, 29-Apr-12

@Nuril As, oke sobat.. Segera meluncur ke TKP.. syukron

Anyoel KotoKers™ on 06:56 AM, 29-Apr-12

@Irfan Fudhori, Wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukron..

Anyoel KotoKers™ on 06:57 AM, 29-Apr-12

@Gaara, iya sobat.. Semoga bisa diamalkan ya smile

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top