Hukum Menggugurkan Kandungan

June162012


Hukum Menggugurkan Kandungan

Yang dimaksud dengan menggugurkan kandungan dalam pembahasan ini adalah : menggugurkan secara paksa janin yang belum sempurna penciptaannya atas permintaan atau kerelaan ibu yang mengandungnya. Adapun dasar dari pembahasan ini adalah hadits yang diriwayatkan Ibnu Mas’ud bahwasanya Rasulullah bersabda : ”Sesungguhnya seseorang dari kamu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya selama 40 hari. Setelah genap 40 hari kedua, terbentuklah segumpal darah beku. Ketika genap 40 hari ketiga berubahlah menjadi segumpal daging. Kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh, serta memerintahkan untuk menulis 4 perkara, yaitu penentuan rizki, waktu kematian, amal, serta nasibnya, baik yang celaka, maupun yang bahagia.” HR. Bukhari & Muslim.

Untuk memudahkan pemahaman, sebaiknya kita bagi pembahasan ini dalam beberapa bagian sebagai berikut :

Menggugurkan Janin Sebelum Peniupan Ruh

Dalam hal ini, para ulama berselisih tentang hukumnya dan terbagi menjadi tiga pendapat :

Pendapat Pertama :

Menggugurkan janin sebelum peniupan ruh hukumnya boleh. Bahkan sebagian dari ulama membolehkan menggugurkan janin tersebut dengan obat. (Hasyiat Al Qalyubi : 3/159) pendapat ini dianut oleh para ulama dari madzhab Hanafi, Syafi’i dan Hambali. Tetapi kebolehan itu disyaratkan adanya ijin dari kedua orang tuanya, (Syareh Fathul Qadir : 2/495) adapun dalilnya adalah hadits Ibnu Mas’ud diatas yang menunjukan bahwa sebelum sebelum 4 bulan, ruh belum ditiup ke janin dan penciptaan belum sempurna, janin dianggap benda mati, sehingga boleh digugurkan.

Pendapat Kedua :

Menggugurkan janin sebelum peniupan ruh hukumnya makruh. Dan jika sampai pada waktu peniupan ruh, maka hukumnya menjadi haram. Dalilnya bahwa waktu peniupan ruh tidak diketahui secara pasti, maka tidak boleh menggugurkan janin jika telah mendekati waktu peniupan ruh, demi untuk kehati-hatian. Pendapat ini dianut oleh sebagian ulama madzhab Hanafi, dan Imam Romli salah seorang ulama dari madzhab Syafi’i (Hasyiyah Ibnu Abidin : 6/591, Nihayatul Muhtaj : 7/416).

Pendapat Ketiga :

Menggugurkan janin sebelum peniupan ruh hukumnya haram. Dalilnya bahwa air mani sudah tertanam dalam rahim dan telah bercampur dengan ovum wanita sehingga siap menerima kehidupan, maka merusak wujud ini adalah tindakan kejahatan. Pendapat ini dianut oleh Ahmad Dardir, Imam Al Ghazali dan Ibnul Jauzi (Syareh Kabir : 2/267, Ihya Ulumuddin : 2/53, Inshof : 1/386).

Adapun status janin yang gugur sebelum ditiup ruhnya (4 bulan), telah dianggap benda mati, maka tidak perlu dimandikan, dikafani ataupun dishalati. Sehingga bisa dikatakan bahwa menggugurkan kandungan dalam fase ini tidak dikategorikan pembunuhan, tapi hanya dianggap merusak sesuatu yang bermanfaat.

Menggugurkan Janin Sebelum Peniupan Ruh

Secara umum, para ulama telah sepakat bahwa menggugurkan janin setelah peniupan ruh hukumnya haram. Peniupan ruh terjadi ketika janin sudah berumur 4 bulan dalam perut ibu. Ketentuan ini berdasarkan hadits Ibnu Mas’ud diatas. Janin yang sudah ditiupkan ruh dalam dirinya dia telah menjadi seorang manusia, sehingga haram untuk dibunuh. Hukum ini berlaku jika pengguguran tersebut dilakukan tanpa ada sebab yang darurat.

Namun jika disana terdapat sebab-sebab darurat, seperti jika sang janin nantinya akan membahayakan sang ibunya jika lahir nanti, maka dalam hal ini, para ulama berbeda pandapat :

Pendapat Pertama :

Menggugurkan janin setelah peniupan ruh hukumnya tetap haram, walaupun diperkirakan bahwa janin tersebut akan membahayakan keselamatan ibu yang mengandungnya. Pendapat ini dianut oleh para ulama. Allah berfirman : ”Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah, melainkan dengan suatu alasan yang benar.” (QS. Al-Isra’)

Kelompok ini juga mengatakan bahwa kematian ibu masih diragukan, maka tidak boleh membunuh janin yang sudah ditiup ruhnya, hanya suatu yang meragukan (Hasyiyah Ibnul Abidin : 1/602). Mereka juga memberikan pemisalan bahwa jika sebuah perahu akan tenggelam, sedangkan keselamatan semua perahu tersebut bisa terjadi jika sebagian penumpang dilemparkan ke laut, maka hal ini juga tidak dibolehkan.

Pendapat Kedua :

Diperbolehkan menggugurkan janin walaupun sudah ditiupkan ruh kepadanya, jika hal itu merupakan satu-satunya jalan untuk menyelamatkan ibu dari kematian, karena menjaga kehidupan ibu lebih diutamakan dari pada menjaga kehidupan janin. Karena kehidupan ibu lebih dahulu dan ada secara yakin, sedangkan kehidupan janin belum yakin dan keberadaannya terakhir (Mausu’ah Fiqhiyah : 2/57). Prediksi keselamatan ibu dan janin dikembalikan kepada ilmu kedokteran, walaupun hal itu tidak mutlak benarnya. Wallahu A’lam.


Langsung Menuju Kotak Komentar
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

75 responses to "Hukum Menggugurkan Kandungan"

Anyoel KotoKers™ on 02:11 PM, 16-Jun-12

Alhamdulillah.. Akhirnya setelah error berhari2.. Tembus juga posting.. smile

Iman's mobile blog on 02:14 PM, 16-Jun-12

wa.alaikum salam

Iman's mobile blog on 02:15 PM, 16-Jun-12

agkgkgk.. Makasih info nya sob, td blum selesai udah ke anu(sad

Anyoel KotoKers™ on 02:21 PM, 16-Jun-12

@Iman's mobile blog, hehehe.. Moga bermanfaat ya kang iman smile

Pissat on 02:27 PM, 16-Jun-12

kunjungan siang sob.
Sorry nih bru bisa berkunjung..
Jaringan di t4 ane lg arror.
Mantap postingan nya...

Belajar Ngeblog Bersama on 02:28 PM, 16-Jun-12

Subhanallah, artikel yg sgt bermanfaat. Seperti biasa ane ijin copy buat artikel di Khazanah Islam- berbagi dan belajar Islam yang sebenarnya.

ORACARA - Kumpulan Trik dan Cara on 02:32 PM, 16-Jun-12

Sayang byk yg gak sadar sob sad

Anyoel KotoKers™ on 02:36 PM, 16-Jun-12

@Pissat, syukran ya kang.. Sabar aja kang.. Kemaren di tempat ane juga gitu.. sad

Anyoel KotoKers™ on 02:37 PM, 16-Jun-12

@Belajar Ngeblog Bersama, alhamdulillah.. Tafadhol kang kalo mau di copy.. Semoga bermanfaat bagi yang lain.. smile

Anyoel KotoKers™ on 02:40 PM, 16-Jun-12

@ORACARA - Kumpulan Trik dan Cara, Nah.. Itu orang2 yg sudah buta hatinya kang.. Hanya kenikmatan dunia saja yg mereka cari.. Naudzubillah.. sad

Andry@symbian java on 02:55 PM, 16-Jun-12

ya gan, kajian yang mantab

Rosyidin Baladewa on 03:00 PM, 16-Jun-12

knjungan siang sob..
Nice post,, sgt brmanfaat..
Nmbah ilmu sob..
Skses slalu..

Ahmad Sidiq on 03:01 PM, 16-Jun-12

As-salaamu 'alaykum, mantap Mas, memang banyak di tv berita tentang praktek aborsi sad, semoga mereka segera sadar dan taubat..

Ahmad Sidiq on 03:02 PM, 16-Jun-12

As-salaamu 'alaykum, mantap Mas, memang banyak di tv berita tentang praktek aborsi sad, semoga mereka segera sadar dan taubat..

Anyoel KotoKers™ on 03:02 PM, 16-Jun-12

@Andry@symbian java, alhamdulillah. Syukran ya..

Anyoel KotoKers™ on 03:03 PM, 16-Jun-12

@Rosyidin Baladewa, alhamdulillah syukran ya kang..

Anyoel KotoKers™ on 03:04 PM, 16-Jun-12

@Ahmad Sidiq, wa'alaikumsalam.. Aamiin.. Semoga mereka diberi hidayah oleh Allah.. Aamiinsmile

Amri on 03:04 PM, 16-Jun-12

Assalamualaikum sob,hkm yg membolehkan digugurkannya kandungan seblm peniupan ruh menjadi tanda tya bg sy.apakah semua kandungan yg blm ditiupkan ruh blh digugurkan.sukron tuk postnya.

Ronnie Mic on 03:06 PM, 16-Jun-12

Assalamualaikum..
selamat siang gan,maaf baru berkunjung gan...
untuk postnya mantep gan dan teruskan...

bagi yang lain mau saling follow:
http://ronnieborneo.mywapblog.com

biggrin biggrin mrgreen

wassalam brada...

KamaL on 03:07 PM, 16-Jun-12

wah trnyata dosa berat y., dulu ane punya pngalaman ky gtu, tp gak ane lakuin, nice info sob

GALILEO™ on 03:16 PM, 16-Jun-12

sy setuju dgn pendapat yg terakhir klo membahayakan ibunya

Anyoel KotoKers™ on 03:20 PM, 16-Jun-12

@Amri, wa'alaikumsalam.. Itu pendapat para ulama akhi.. Jadi terserah kita mau menyikapinya.. Pilih yang mana.. Syukran udah mampir smile

Yogi Wirawan on 03:21 PM, 16-Jun-12

pengguguran janin jaman sekarang lbh di krnakan pada faktor malu atas jinah yg di lakukan.. Saya lbh cndong kepada haram hkmnya.. Semua urusan kembali pada Allah.

KELIK-AJJA.COM on 03:21 PM, 16-Jun-12

Alhamdulillah Klik dteng lg kangbiggrin
Sprti biasa kang, ijin mampir n mnikmati hidnganwink

oh iya kang jgn lupa silaturahmi.x diblog klik,
tentu.x dipost trbaru klikdown-arrow

Tutorial Cara Membuat List Daftar Link Category, Navigation, Blogroll & Recent Post Berbentuk Zig-Zag CSS DEFAULT MYWAPBLOG

www.kelik-ajja.com/tutorial-cara-membuat-list-daftar-link-c.xhtml

Sukses slalu bwt admin n blog.x

Anyoel KotoKers™ on 03:21 PM, 16-Jun-12

@Ronnie Mic, wa'alaikumsalam.. Syukran ya.. Moga bermanfaat..

Kode Voucher Pulsa on 03:21 PM, 16-Jun-12

suka bgt ma artikel di atas, lagian ada² aja make nggugurin segala, hehe

Anyoel KotoKers™ on 03:22 PM, 16-Jun-12

@KamaL, lho emang sobat akhwat ya? Alhamdulillah dech.. Semoga keep istiqomah..

Anyoel KotoKers™ on 03:23 PM, 16-Jun-12

@GALILEO™, ane juga setuju dgn yg terakhir.. smile

Anyoel KotoKers™ on 03:25 PM, 16-Jun-12

@Yogi Wirawan, betul kang yogi.. Udah berzina dosa besar+menggugurkan kandungan.. exclaim segimana dosanya ya.. Naudzubillah sad

Anyoel KotoKers™ on 03:26 PM, 16-Jun-12

@Kode Voucher Pulsa, alhamdulillah.. Moga bermanfaat..

Anyoel KotoKers™ on 03:27 PM, 16-Jun-12

@KELIK-AJJA.COM, aamiin.. Syukran ya.. Maaf kalo telat.. Coz belum habis nich daftar following yg update.. Kemaren 131.. Masih sekitar 40 lagi yg harus di kunjungi..smile

JhaY Amowater on 03:36 PM, 16-Jun-12

Assalamu'alaikum saudara ku,, akhrx muncul juga ya dngan membawa artikel yg sangat bermanfa'at....
Jadi stlah ruh di tiupkan, hukumnya haram ya akhi bl mnggugurkan juga....,Syukran !

Admin [Ghurabaa Zine] on 03:36 PM, 16-Jun-12

aborsi bhasa gaulnya yg lge trend pda anak muda jman skarang ne !

Andrianto on 03:48 PM, 16-Jun-12

assallammuallaikum.. Sorry tlat kang.. Btw Mantaf bgt postnya.. smga yg baca bisa sadar N ngk nglakuin hal2 yg mengarah kesana.. Trimz smile

☆[ Moca Crew® ]☆ | ©2012י on 04:01 PM, 16-Jun-12

Assalamualaikum,,
Wah mantab ni postnya,,
jdi nambah pngtahuan ni,,
maf gan g bsa lma2,,
bnyak yg update,,

Txs sblumnya,,
jng lupa kunbal,,
biggrin

wassalamualaikum,,

ARISAN on 04:08 PM, 16-Jun-12

nice post....
Makasih udh berbagi ya, kang......

Agues19 on 04:18 PM, 16-Jun-12

kunjungan sore kawan...
Post yg bermanfaat, smoga sukses kawan...
Ane jalan2 dlu y?

Ucill on 04:19 PM, 16-Jun-12

nice post kang,..
tetep semangat,...

Hasan El-Malik on 04:26 PM, 16-Jun-12

ga bisa membantahlol

Sob,nitip gubuk y? Http://amrsite.mwb.im/adab-yang-baik.xhtml lol

Putro.argal™ on 04:34 PM, 16-Jun-12

Nice post brada,,,,
sukses slalu,,,biggrin

Blogmwb.pun.bz on 04:35 PM, 16-Jun-12

Sorry telad gan,
http://blogmwb.pun.bz/emoticon-onion-mywapblog.xhtml

Bengratis Internete on 04:56 PM, 16-Jun-12

hdr gan

jangn lupa kunblnya ada app gratis sms tere dan isat

Tips Trik Mywapblog on 05:03 PM, 16-Jun-12

Wah, postingan yang bermamfaat,
makasih atas pencerahannya

iPaN-Noor on 05:30 PM, 16-Jun-12

Assalamu'alaikum,
ea btul skali mas, pndpat2 berdasarkn dlil diatas sdh ckp jelas....mksh atas pncrhnnya.

Hadi Is on 06:30 PM, 16-Jun-12

Assalaamu'alaikum..
Alhamdulillah, sukron atas ilmunya..
Sedikit, tp bermanfaat...

user mwb ™ on 06:45 PM, 16-Jun-12

Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

Kalo aku boro2 menggugurkan kandungan.orang mau punya anak susahnya minta ampun.alhamdulillah setelah 6 tahun akhirnya istriku bisa hamil dan mau melahirkan.mohon doa nya mas biar selamat ibu dan anaknya.biggrin

Iffay Burgerdoublecheese ᐉ on 07:16 PM, 16-Jun-12

Kunjungan Waktu Malam master... biggrin

Wah Kayanya Mantap Nie master,..
Ane ijin liat-liat dulu yah...

Sukses Selalu Buat Master !! cheesy-grin

Maaf master Jika ane Jarang Mampir, sad

dan Jika Mampir Sering Telat cry

Maaaaaf Bngett master .... ranger

by : http://www.iffayquiqleey.com

Ahmad Zurtaqi on 07:22 PM, 16-Jun-12

jd tahu ane sobbiggrin
thx yaksmile

NDYBOOK.COM on 07:24 PM, 16-Jun-12

mantap pokokny hehe. . .jang lupa gabung yha di wap n web ku. .vrsi m0bile http://ndybook.net dan lw pke kmputer http://ndybook.com

Yoga Kelana on 07:49 PM, 16-Jun-12

Info yang bermanfaat. Alangkah baiknya jika janin yang belum atau sudah ditiupkan ruh tetap bersemayam didalam rahim siibu biggrin

asnan09 on 08:40 PM, 16-Jun-12

Nice post sob...biggrin

s60 & Java Blog on 08:57 PM, 16-Jun-12

thx infonya sob..

Asura Danisuke | MWB Netralizer on 09:25 PM, 16-Jun-12

Yang pasti jangan aja dah

Raiz17 on 10:32 PM, 16-Jun-12

jd manusia stelah 4 bln ea, baru tau saya confused

RECKO on 11:41 PM, 16-Jun-12

Apapun pendapat ulama diatas ane tetep berfaham bahwa sekecil apapun usia kandungan adalah haram hukumnya jika menggugurkan kandungan tsb.
Itu sama aja memboikot takdir atau apapun namanya.

Maaf sob agak telat berkunjung nih..coz ane lagi dimusuhin ama opsel jd g dikasih sinyal penuh mrgreen

Sukses ma blogx ya.

★www.djaners.com★

Suryadi on 12:01 AM, 17-Jun-12

Assalamualaikum sobwink
apakah haram hukum x jika seorang wanita korban dr perkosaan, dan ingin menggugur kan kandungan x.......questionquestionquestion

Suryadi on 12:03 AM, 17-Jun-12

Assalamualaikum sobwink
apakah haram hukum x jika seorang wanita korban dr perkosaan, dan ingin menggugur kan kandungan x.......questionquestionquestion

Noffa Az™ on 02:44 AM, 17-Jun-12

maf tlat.., karena sbuk di dunia nyata, kalau ada waktu mampr juga di tempat ane ya..?
http://srenk.heck.in

« AN11™ | MigHouse™ » on 03:56 AM, 17-Jun-12

Begitu?

Baruna Una Salim on 04:04 AM, 17-Jun-12

assalamualikum,habis komen trus baca artikel.nya

-==- sHaNdy_cDi45 -==- on 05:03 AM, 17-Jun-12

Thanks info.a kang sangad bermanfa'at banged.
Sukses yah dalam berdaqwah. . .

Anyoel KotoKers™ on 07:51 AM, 17-Jun-12

@JhaY Amowater, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah akhi.. Kalo ane pegang pendapat yg terakhir akhi.. Syukran akhi..

@Admin [Ghurabaa Zine], betul... Hehehe... Syukran ya..

@Andrianto, wa'alaikumsalam.. Aamiin.. Semoga mereka pada sadar dan menjauhi dosa besar.. Syukran ya kang..

Anyoel KotoKers™ on 07:53 AM, 17-Jun-12

@☆[ Moca Crew® ]☆ | ©2012י, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukran ya..

@ARISAN, alhamdulillah.. Iya sama2 kang.. smile

@Agues19, syukran ya..

Anyoel KotoKers™ on 07:54 AM, 17-Jun-12

@Ucill, alhamdulillah.. Syukran ya..

@Hasan El-Malik, iya kang.. Sudah komplit tuch diatas.. Syukran ya..

@Putro.argal™, syukran ya..

Anyoel KotoKers™ on 07:57 AM, 17-Jun-12

@Blogmwb.pun.bz, iya gag papa.. Maaf gag bisa komentar di blognya sobat.. Jaringan lelet.. Blog sobat gede banget ukurannya.. sad

@Bengratis Internete, syukran ya.. Sabar kang.. Masih belum sempat blogwalking nich.. sad

@Tips Trik Mywapblog, alhamdulillah.. Syukran ya..

Anyoel KotoKers™ on 08:03 AM, 17-Jun-12

@iPaN-Noor, wa'alaikumsalam.. Iya kang.. Udah perfect penjelasan diatas.. Jadi kita berpegang yang mana.. Syukran kang..

@Hadi Is, wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Syukran ya..

@user mwb ™, betul kang.. Hampir sama dgn ane.. Istri ane hamil pertama mengalami keguguran.. Masih berumur sekitar 3 bulan.. Tapi sekarang alhamdulillah udah berjalan 6 bulan.. Semoga istrinya dan bayinya sehat dan slalu dalam lindungan Allah..

Anyoel KotoKers™ on 08:04 AM, 17-Jun-12

@Iffay Burgerdoublecheese, syukran ya..

@Ahmad Zurtaqi, alhamdulillah.. Syukran ya.,

@NDYBOOK.COM, alhamdulillah.. Ditunggu ya sobat.. Sabar dulu.. smile

Anyoel KotoKers™ on 08:07 AM, 17-Jun-12

@Yoga Kelana, betul kang.. Alangkah baiknya dibiarkan dalam rahim ibu.. smile

@asnan09, syukran ya..

@s60 & Java Blog, iya sama2 kang..

Anyoel KotoKers™ on 08:10 AM, 17-Jun-12

@Asura Danisuke | MWB
Netralizer, iya kang.. Syukran ya..

@Raiz17, iya kang.. Syukran ya..

@RECKO, betul kang.. Jika ada udzur aja kang.. Misal kayak pendapat yang terakhir.. Kalo gag ada udzur.. Ane juga sependapat dgn antum..smile

Anyoel KotoKers™ on 08:13 AM, 17-Jun-12

@Suryadi, wa'alaikumsalam.. Iya tetap berdosa kang.. Harus pintar menjaga aurat biar bagaimana bisa menjaga syahwat kaum adam.. Jika masih tetap kejadian.. Maka itu ujian dari Allah.. smile

@Noffa Az™, iya gag papa.. Syukran ya..

@« AN11™ | MigHouse™ », iya sobat.. Syukran ya..

Anyoel KotoKers™ on 08:14 AM, 17-Jun-12

@Baruna Una Salim, wa'alaikumsalam.. Tafadhol kang.. Moga bermanfaat..

@-==- sHaNdy_cDi45 -==-, alhamdulillah.. Syukran ya akhi.. smile

Hazard Logic Herobo - Team's on 04:41 AM, 22-Jun-12

selamat dini hari, sahabatku yang baik hatinya biggrin

salut ma postingannya, bermanfaat gan biggrin

ditunggu postingan bemanfaat selanjutnya biggrin

alangkah baiknya kita saling follow gan, karena saling follow itu ibadah # kata ustad gadungan biggrin

http://trasher.mywapblog.com

ALEX on 11:03 AM, 22-Jun-12

hadir gan..

follback ye

ALQALAM on 12:35 PM, 01-Oct-12

assalamu alaikum
tambahan ilmu,bermanfaat sekali,syukron akhi,idzn follow.lam kenal

Santri Ngeblog on 09:06 PM, 08-Feb-14

Perdana sob...

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top