Rincian Hukum Meninggalkan Shalat

March152012


Tidak sedikit kaum muslimin yang sering bolong shalatnya, terutama barangkali shalat Shubuh. Atau mungkin saja ada yang shalat hanya ketika Jumatan saja, sekali sepekan. Atau yang lebih parah lagi jika setahun sekali. Artikel ini akan merinci mengenai hukum meninggalkan shalat. Semoga bermanfaat.
Perlu diketahui, para ulama telah sepakat (ijma’) bahwa dosa meninggalkan shalat lima waktu lebih besar dari dosa-dosa besar lainnya. Ibnu Qayyim Al Jauziyah rahimahullah mengatakan, ”Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” (Ash Sholah wa Hukmu Tarikiha, Ibnul Qayyim, hal. 7).
Adapun berbagai kasus orang yang meninggalkan shalat, kami dapat rinci sebagai berikut :

Kasus pertama : Meninggalkan shalat dengan mengingkari kewajibannya sebagaimana mungkin perkataan sebagian orang, ‘Sholat oleh, ora sholat oleh.’ [Kalau mau shalat boleh-boleh saja, tidak shalat juga tidak apa-apa]. Jika hal ini dilakukan dalam rangka mengingkari hukum wajibnya shalat, orang semacam ini dihukumi kafir tanpa ada perselisihan di antara para ulama.
Kasus kedua : Meninggalkan shalat dengan menganggap gampang dan tidak pernah melaksanakannya. Bahkan ketika diajak untuk melaksanakannya, malah enggan. Maka orang semacam ini berlaku hadits-hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam yang menunjukkan kafirnya orang yang meninggalkan shalat. Inilah pendapat Imam Ahmad, Ishaq, mayoritas ulama salaf dari sahabat dan tabi’in.

Contoh hadits mengenai masalah ini adalah sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam, “Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah shalat. Barang siapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah, shahih).
Kasus ketiga : Tidak rutin dalam melaksanakan shalat yaitu kadang shalat dan kadang tidak. Maka dia masih dihukumi muslim secara zhohir (yang nampak pada dirinya) dan tidak kafir. Inilah pendapat Ishaq bin Rohuwyah yaitu hendaklah bersikap lemah lembut terhadap orang semacam ini hingga dia kembali ke jalan yang benar. Wal ‘ibroh bilkhotimah [Hukuman baginya dilihat dari keadaan akhir hidupnya]. (Majmu’ Al Fatawa, 7/617)
Kasus keempat : Meninggalkan shalat dan tidak mengetahui bahwa meninggalkan shalat membuat orang kafir. Maka hukum bagi orang semacam ini adalah sebagaimana orang jahil (bodoh). Orang ini tidaklah dikafirkan disebabkan adanya kejahilan pada dirinya yang dinilai sebagai faktor penghalang untuk mendapatkan hukuman.
Kasus kelima : Mengerjakan shalat hingga keluar waktunya. Dia selalu rutin dalam melaksanakannya, namun sering mengerjakan di luar waktunya. Maka orang semacam ini tidaklah kafir, namun dia berdosa dan perbuatan ini sangat tercela sebagaimana Allah berfirman (yang artinya), “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al Maa’un [107] : 4-5) (Lihat Al Manhajus Salafi ‘inda Syaikh Nashiruddin Al Albani, Syaikh Abdul Mun’im Salim, hal. 189-190)
Nasehat Berharga : Jangan Tinggalkan Shalatmu! Amirul Mukminin, Umar bin Al Khaththab radhiallahu ‘anhu mengatakan, “Sesungguhnya di antara perkara terpenting bagi kalian adalah shalat. Barangsiapa menjaga shalat, berarti dia telah menjaga agama. Barangsiapa yang menyia-nyiakannya, maka untuk amalan lainnya akan lebih disia-siakan lagi. Tidak ada bagian dalam Islam, bagi orang yang meninggalkan shalat.“ (Ash Sholah, hal. 12).
Imam Ahmad rahimahullah juga mengatakan perkataan yang serupa, “Setiap orang yang meremehkan perkara shalat, berarti telah meremehkan agama”. Seseorang memiliki bagian dalam Islam sebanding dengan penjagaannya terhadap shalat lima waktu. Seseorang yang dikatakan semangat dalam Islam adalah orang yang betul-betul memperhatikan shalat lima waktu. Kenalilah dirimu, wahai hamba Allah. Waspadalah! “Janganlah engkau menemui Allah, sedangkan engkau tidak memiliki bagian dalam Islam. Kadar Islam dalam hatimu, sesuai dengan kadar shalat dalam hatimu.“ (Ash Sholah, hal. 12).
Ibnul Qoyyim mengatakan, “Iman adalah dengan membenarkan (tashdiq). Namun bukan hanya sekedar membenarkan (meyakini) saja, tanpa melaksanakannya (inqiyad). Kalau iman hanyalah membenarkan (tashdiq) saja, tentu iblis, Fir’aun dan kaumnya, kaum sholeh, dan orang Yahudi yang membenarkan bahwa Muhammad adalah utusan Allah (mereka meyakini hal ini sebagaimana mereka mengenal anak-anak mereka), tentu mereka semua akan disebut orang yang beriman (mu’min-mushoddiq).“ (Ash Sholah, 35-36) Wallahu a'lam....
Publised By : Anyoel KotoKers™
Kategori : Artikel Islami
Sumber : www.remajaislam.com
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

68 responses to "Rincian Hukum Meninggalkan Shalat"

Anyoel KotoKers™ on 02:14 PM, 15-Mar-12

Alhamdulillah.. Bisa post lagi artikel yg insyaALLAH bermanfaat bagi yg masih bolong shalatnya..

Rincian Hukum Meninggalkan Shalat

Sarilah on 02:19 PM, 15-Mar-12

Assalamualaikum,terima kasih atas nasehatnya mas.posting juga ya agar orang tidak was2 dalam sholat.maksudnya kadang sholat dhuhur,ashar dan isya kan 4 rakaat.nah,kadang aku bimbang sholatku 4 rakaat apa 5 rakaat ya?mohon diposting.

Anyoel KotoKers™ on 02:23 PM, 15-Mar-12

Sarilah=> wa'alaikumsalam.. Maksudnya piye mbak? Kok gag mudeng aku.. sad shalat yang tadi itu memang 4 rakaat semua.. sad

Blogmwb on 02:25 PM, 15-Mar-12

met siankk.. Ngabsennn. .
http://blogmwb.pun.bz

Blogmwb on 02:25 PM, 15-Mar-12

met siankk.. Ngabsennn. .
http://blogmwb.pun.bz

Anyoel KotoKers™ on 02:29 PM, 15-Mar-12

Sarilah=> kalo ragu dalam shalat maksudnya.. Itu cukup dgn sujud sahwi mbak.. Kalo masih ingat sebelum salam berarti dia kerjakan sebelum salam.. Kalo dia ingat sesudah salam, dia hanya sujud 2x tanpa salam.. Gitu maksudnya mbak?

Anyoel KotoKers™ on 02:30 PM, 15-Mar-12

Blogmwb=> makasih maz atas kehadirannya.. Moga bermanfaat smile

Kojex Rezpect on 02:36 PM, 15-Mar-12

met siang sob..
sangat bermanfaat sob,maksh yah.

Peppy|yayashi on 02:46 PM, 15-Mar-12

assalamu'alaikum...
Amalan yang pertamakali akan ditanyakan kelak shalatnya ya sob.? Shalat kan tiang agama ya sob. Thanks bos jdi tambah ilmu, bab shalat ini.

U-CilD on 02:47 PM, 15-Mar-12

jdi tkut nih,...

Anyoel KotoKers™ on 03:23 PM, 15-Mar-12

Kojex Rezpect=> alhamdulillah.. Makasih ya maz wink

Peppy|yayashi=> wa'alaikumsalam.. Iya maz peppy.. Syukron udah silaturahminya.. smile

U-CilD=> kalo takut ya harus diperbaiki ya maz.. Moga bisa lebih baik lagi setelah membaca artikel ini smile

Grandong on 03:23 PM, 15-Mar-12

kalo begini mas masalahnya ada orang yg sakit selama satu tahun dia tidak pernah solat, dan ketika dia meninggal keluarganya membayar dengan beras.
apakah dosa orang yg meninggal ini sudah di ampuni oleh Allah SWT ?

Panji on 03:33 PM, 15-Mar-12

Askum.wr.wb. Kunjungan siang masbro..jadi takut kalo udah tau gini,sip gan nambah wawasan dan ilmu..lol

Wiwink on 03:39 PM, 15-Mar-12

saya kadang masih bolong sob smile

Anyoel KotoKers™ on 03:53 PM, 15-Mar-12

Grandong=> wallahu a'lam.. Hanya Allah yg bisa memvonis.. Dan kiranya sambil menghaturkan do'a memohon kepada Allah supaya pahalanya disampaikan kepada mayyit.

uMmiRa on 03:54 PM, 15-Mar-12

mantabz kang,,,lanjutkan.. smile

Anyoel KotoKers™ on 03:58 PM, 15-Mar-12

Panji=> wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Semoga bisa menjadi lebih baik dari yg sebelumnya smile

Wiwink=> yuk maz.. Diperbaiki.. Kan sobat sendiri nanti yg tanggung resikonya.. Iya to? sad

Anyoel KotoKers™ on 04:00 PM, 15-Mar-12

uMmiRa=> syukron ya ukhti.. smile salam ukhuwah

Andy Al-Ghoni on 04:06 PM, 15-Mar-12

nice share sob,,,,

Semoga kita istiqomah menjalankan kewajiban 5 wkt,,,,,

Slametwahyudi on 04:10 PM, 15-Mar-12

semoga Allah selalu memberikan kesempatan kepada kita untuk istiqomah mendirikan sholat

Zen's on 04:16 PM, 15-Mar-12

assalamualaikum,
Mudah2 yang suka bolong2 membaca artikel ini.....

Anyoel KotoKers™ on 04:29 PM, 15-Mar-12

Zen's
Andy Al-Ghoni
Slametwahyudi => Wa'alaikumsalam.. Aamiin Ya Rabbal Alamin.. Syukron akhi.. Salam ukhuwah buat semuanya.. smile

roeyzee ツ on 05:13 PM, 15-Mar-12

nice artikel sob, semoga kita diberikan kesempatan untuk menegakkan sholat 5 waktu

Andrianto on 05:23 PM, 15-Mar-12

trimz taz nasihatnya kang.. Sukses ea.. smile

Bengong™ on 05:27 PM, 15-Mar-12

assalamualaikum
hadir sore hari bro.. thx. biggrin

Iman Hijrah dan Jihad on 05:35 PM, 15-Mar-12

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Ma'af sobat Baru datang!
Pesan Bijak :
''Kewajiban Pertama manusia ialah Mengenal TUHAN dengan yakin''
http://imanhijrahdanjihad.wordpress.com
http://imanhijrahdanjihad.blogspot.com
#21

ACHENES on 06:42 PM, 15-Mar-12

nice info..bermanfaat sangat

D-Yogz on 06:45 PM, 15-Mar-12

Wah jadi takut bacanya?? Soalnya saya jarang shalat. .

Alfurqon on 06:57 PM, 15-Mar-12

nyimak dgn teliti... Maz, buru2 nih. Udah mau magrib.

Ardian Garage on 07:04 PM, 15-Mar-12

wah.. Ane mash bolong"..

Sunan on 07:11 PM, 15-Mar-12

Ya Allah ya rabb, ampunilah kami yg shalatnya masih bolong2. Mau shalat itupun kalau sudah mepet dan kepepet, sehingga shalat seperti balapan. Pahala tak didapat, dosa malah..
Sudahpun mengerjakan shalat tp msh suka bohong, mencuri dan perbuatan dosa lainnya, berarti shalatnya belum beres. Ya gak sob?

Gandrunk™ on 07:15 PM, 15-Mar-12

biggrin kang mbok post karya2 msh nasab imam syafi i tu kan wahabi ulmanya kntrofsial gan.tapi teserah dech ok.tq tlah mengngtkan, shlat adlah tiang agma. Blog full link2 aswaja http://imronsun.heck.in

Gandrunk™ on 07:17 PM, 15-Mar-12

biggrin kang mbok post karya2 msh nasab imam syafi i tu kan wahabi ulmanya kntrofsial gan.tapi teserah dech ok.tq tlah mengngtkan, shlat adlah tiang agma. Blog full link2 aswaja http://imronsun.heck.in

Yogi Wirawan on 07:17 PM, 15-Mar-12

Ya Allah.. sungguh apa yang ku lakukan masih jauh dari kata baik.. sholatku hanya untuk sekedar menggugurkan kewajiban.. cry
@mas anyoel.. mungkin maksud mba sarilah itu.. kadang dia suka lupa jumlah rokaat yang dah di kerjakan.. minta kiat supaya ga lupa..

©ah gunem™ on 07:52 PM, 15-Mar-12

hadir mas terimakasih sudah berbagi artikel :

Rincian Hukum
Meninggalkan
Shalat

sgt bermanfaat bwt kami dan kita semua biggrin

D-Yogz on 07:56 PM, 15-Mar-12

Tukeran link yuk gan!! Itupun kalo minat,. Kalo udah lapor ea? Jika belum di follow. Follow dulu ea?

Mufid Afandi on 09:01 PM, 15-Mar-12

menyikapi permasalahan mas grandong ,,,,
Bukankah orang yg sakit juga ada tata cara solatnya tersendiri,,,
Bukannya saya mendahului kehendak Allah,,,tapi selama ini saya belum pernah mendengar ajaran islam bahwa solat bisa di bayar dg beras,,,,bahkan tidak bisa di tebus dg apapun,,,,
Maaf bukan menggurui,,,hanya sekedar berbagi ilmu,,,

ACHENES on 09:05 PM, 15-Mar-12

bermanfaat sangt......

Andry on 10:37 PM, 15-Mar-12

hadir gan... Artikel yang luar biasa..

Anyoel KotoKers™ on 10:47 PM, 15-Mar-12

roeyzee ツ=> alhamdulillah.. Aamiin Ya Rabbal Alamin.. smile

Andrianto=> sama2 maz.. Aamiin.. Sukses slalu ya..

Bengong™=> wa'alaikumsalam.. Makasih maz bengong smile

Anyoel KotoKers™ on 10:49 PM, 15-Mar-12

Iman Hijrah dan Jihad=> wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.. Syukron akhi atas silaturahminya..

ACHENES=> alhamdulillah.. Moga bermanfaat smile

D-Yogz=> semoga sekarang bisa lebih baik ya maz smile

Anyoel KotoKers™ on 10:53 PM, 15-Mar-12

Alfurqon=> syukron akhi.. Moga sholatnya khusyuk ya akhi.. smile

Ardian Garage=> ayo maz ardian.. Sekarang kasi full shalatnya ya.. smile

Sunan=> Aamiin.. iya maz.. Hanya Allah yg bisa memvonis diterima gagnya shalat kita.. smile

Anyoel KotoKers™ on 11:05 PM, 15-Mar-12

Gandrunk™=> wah gag berani maz.. Coz ane orangnya netral.. Islam ya Islam, no embel2.. Tanpa Nu, Muhamadiyah, dll.. Intinya.. Jalani apa yg Rasulullah kerjakan dan meninggalkan apa yg dilarangnya dan tidak mengerjakan amalan yg tidak diperintahkan oleh Rasulullah..

Yogi Wirawan=> hmmm.. Gitu to maz.. Iya dech.. InsyaALLAH diusahakan.. smile

©ah gunem™=> alhamdulillah.. Makasih ya maz gunem smile

Rifqie on 11:08 PM, 15-Mar-12

assalamu'alaikum
wah ni info bgs bnget patut d pelajari...thnk ya masbro

Sunan on 11:22 PM, 15-Mar-12

Anyoel# wallahu a'lam..
Sumber terkait untuk yg was2 dlm beribadah terutama shalat
eramuslim.com [utad menjawab], <- cara ada disini.

Anyoel KotoKers™ on 11:27 PM, 15-Mar-12

D-Yogz=> yuk maz.. Oke.. Sebentar ya tak konfirmasi smile

Mufid Afandi=> permasalahan ini para ulama berbeda pendapat.. Tapi ane juga belum dapet hadits yg shahih.. Tentang hadits tersebut.. Yang ane tau wajib bagi seorang laki2 untuk mengerjakan shalat walaupun dalam keadaan sakit (masih sadar) dan tidak gila.. Tidak bisa shalat dgn berdiri maka dilakukan dgn duduk, jika tidak bisa duduk maka dilakukan dgn berbaring sambil miring 90 derajat, jika tidak bisa miring maka dilakukan dgn baring biasa.. Jadi kalo kesimpulannya wajib bagi laki2 muslim mengerjakan shalat walaupun dalam keadaan sakit, jadi tau donk jawaban ane smile selebihnya wallahu a'lam..

ACHENES=> alhamdulillah.. Syukron maz smile

Anyoel KotoKers™ on 11:36 PM, 15-Mar-12

Andry=> makasih maz andry.. Moga bermanfaat ya..

Rifqie=> wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Moga bermanfaat ya maz smile

Sunan=> jazakumullah maz.. Oke bentar di kunjungi.. Syukron maz infox.. wink

XTIARBUMI ™ on 01:09 AM, 16-Mar-12

THANKS GAN PENCERAHANYA. NAMBAH ILMU NI

XTIARBUMI ™ on 01:11 AM, 16-Mar-12

THANKS GAN PENCERAHANYA. NAMBAH ILMU NI

GALILEO™ on 01:35 AM, 16-Mar-12

terus terang kalau saya sholat subuh yg kurang sad, karena sering krj shif 2 pulang malam2 ditambah bgadang sad

GALILEO™ on 02:13 AM, 16-Mar-12

terus terang kalau saya sholat subuh yg kurang sad, karena sering krj shif 2 pulang malam2 ditambah bgadang sad

axen on 02:45 AM, 16-Mar-12

hdw masih suka bolong2 nih

Plantungan on 04:02 AM, 16-Mar-12

Kunjungan dini hari, nyimak saja.

Rully on 05:39 AM, 16-Mar-12

.Wah.masnya bnyak tau ilmu agama ..sukses ya mas

ipan noor on 08:04 AM, 16-Mar-12

Assalamu'alaikum, kep share sob..sngt brmnfaat, lnjutkn!

Eka XII on 08:49 AM, 16-Mar-12

assalamu'alaikum
kalo ane malah sholat ashar yg kdg2 g tpat waktu,biasa maz krj ikut orang.,
tmbh.yg dmksd mbak sarilah kalo g salah saat sholat kita ragu akan jumlah rokaatnya pas sholat....apa yg akan dilakukan.

Menu Sehat on 09:03 AM, 16-Mar-12

Kunjungan pagi sob, bermanfaat sekali inponya...

Murtado on 11:43 AM, 16-Mar-12

Assalamu'alaikum .salam kenal kngmas . mantap postingan,a kngmas

Aгģατα'ş™ on 11:52 AM, 16-Mar-12

Assalamualaikum.wr.wb
Subhanallah...satu pelajaran lagi buat aku sob...dan artikel yang baguss...?

Anyoel KotoKers™ on 01:36 PM, 16-Mar-12

XTIARBUMI ™=> alhamdulillah.. Syukron maz smile

GALILEO™=> wah harus pandai2 mengatur waktu nich maz.. Kerja lembur terus ya maz?

axen=> semoga sekarang bisa lebih baik ya maz smile

Anyoel KotoKers™ on 01:39 PM, 16-Mar-12

Plantungan=> makasih ya maz.. Moga bermanfaat.. smile

Rully=> wah masih miskin ilmu maz.. Sama2 belajar smile

ipan noor=> wa'alaikumsalam.. Syukron supportnya.. smile

Anyoel KotoKers™ on 01:43 PM, 16-Mar-12

Eka XII=> wa'alaikumsalam maz eko.. Wah semoga bisa sedikit mengatur waktu ya maz.. Iya maz.. Nanti insyaALLAH post agar was2 dalam sholat.. smile

Menu Sehat=> alhamdulillah.. Makasih maz.. smile

Murtado=> wa'alaikumsalam.. Salam kenal balik maz.. smile

Aгģατα'ş™=> wa'alaikumsalam.. Alhamdulillah.. Makasih ya maz dah silaturahmi.. smile

Iman Hijrah dan Jihad on 02:20 PM, 16-Mar-12

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Anyoel
Tukar Link di Tunggu Okenya Sahabat.
Mualaf Lopez Casanova : ''Aku adalah seorang Muslim yang bahagia, yang mencintai shalat dan puasa. Keduanya mengajarkanku kedisiplinan sekaligus ketundukan kepada Tuhan.''
http://imanhijrahdanjihad.wordpress.com
http://imanhijrahdanjihad.blogspot.com

Anyoel KotoKers™ on 03:00 PM, 16-Mar-12

Iman Hijrah dan Jihad=> wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.. Udah kan akhi.. Silahkan dicheck lagi.. smile

Asura Danisuke | MWB Netralizer on 03:14 PM, 16-Mar-12

thank pencerahanx

Baruna Una Salim on 03:34 PM, 17-Mar-12

kalo saya sering lupa udah shalat apa blum,itu gimana mas?? sad

Pencinta sholawat dan ta'lim on 07:34 AM, 20-Mar-12

Kata rosulullah saw.. asholatu 'imadul islam smile

Lee Young Ah on 06:53 PM, 22-Apr-12

hehe. Bgus nih kliatannya. Kunbal d0nk. Sepi nih d bl0g aq cry

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top